JawaPos Radar

Bayi 11 Bulan yang Dijual di Instagram Diserahkan ke Keluarganya

12/10/2018, 19:53 WIB | Editor: Dida Tenola
Bayi 11 Bulan yang Dijual di Instagram Diserahkan ke Keluarganya
Proses penyerahan AZ kepada keluarganya di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (12/10). (Aryo Mahendro/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com– Polisi akhirnya menyerahkan AZ, bayi berusia 11 bulan yang dijual di Instagram, ke keluarganya, Jumat (12/10). Proses penyerahan itu berlangsung penuh haru.

Penyerahan itu tercatat dalam surat berita acara. Usai penandatanganan berita acara, AZ langsung diserahkan kepada suami siri Lariza alias Ica, Anang Bagus Prasetyo, 23. Selain itu turut hadir saudara sepupu, dan nenek AZ.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran mengatakan, pengasuhan AZ tidak sembarangan. Pihaknya menggandeng Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlingungan Anak (DP5A) Surabaya.

DP5A yang menilai apakah keluarga tersangka, layak mengasuh AZ atau tidak. Pengawasan akan tetap berlangsung selama diasuh keluarga Ica.  "Kami panggil adik dari ayah anak ini (Anang, Red) dan tantenya. Setelah, diskusi anak ini  kami serahkan kepada ayahnya," jelas Sudamiran. 

Terkait dengan proses di pengadilan, Sudamiran berpendapat bahwa AZ tidak bisa dihadirkan dalam persidangan. Sebab, aturan perundang-undangan tidak bisa memasukkan manusia sebagai barang bukti.

Kendati begitu, pihaknya menyerahkan sepenuhnya proses tersebut kepada hakim. "Apakah dihadirkan dalam persidangan atau tidak, nanti tergantung hakim. Karena anak nggak bisa dijadikan barang bukti," jelasnya.

Kepolisian sendiri memastikan bahwa kasus jual beli bayi di Instagram itu tetap akan dikembangkan. Sejauh ini, korps berseragam cokelat menemukan indikasi adanya dua anak lain yang sudah diperdagangkan. "Soal adanya tersangka baru, masih kami dalami,” ungkap polisi dengan dua melati di pundak itu.

 

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up