JawaPos Radar

Tak Bikin Mual, Mengenal Susu Sapi A2 yang Ramah Pencernaan

12/10/2018, 19:43 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
susu sapi, susu sapi A2, tren susu sapi, kin fresh milk,
Ilustrasi susu sapi yang baik untuk pencernaan. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Tak jarang, ada beberapa orang yang sering merasakan mual dan bahkan menimbulkan diare ketika mengosumsi susu segar. Namun, Dalam beberapa tahun terakhir, telah ditemukan susu sapi jenis A2 dipercaya lebih ramah terhadap pencernaan.

Lalu, apa sebenarnya kandungan susu sapi A2 itu?

Saat ini, susu sapi A2 tengah mendapat perhatian dari dunia kesehatan. Sebab, tren susu sapi A2 dianggap lebih baik dari sisi nutrisi dan toleransi dengan sistem pencernaan. Susu sapi A2 hanya mengandung protein A2 (tanpa Protein A1) sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut.

susu sapi, susu sapi A2, tren susu sapi, kin fresh milk,
Peternakan sapi KIN Fresh Milk. (Istimewa)

Umumnya, ungkap Pakar Gizi dr. Rizal Alaydrus, MSc., susu sapi memiliki kandungan protein A1 serta protein A2 dengan rasio 40 persen dan 60 persen. Namun, saat ini, banyak sapi yang menghasilkan kandungan protein A1 karena adanya mutasi genetik.

Sedangkan, susu sapi A2 didapat dari proses seleksi alami dengan melalui seleksi tes DNA, tanpa rekayasa genetik. Ia pun menerangkan gejala mual, kembung, dan diare setelah mengonsumi susu terjadi karena kandungan beta casein A1 dalam susu yang bereaksi dengan protein lainnya di dalam pencernaan. Sehingga memicu gejala yang menyerupai intoleransi terhadap laktosa.

"Jadi timbul seperti ketidaknyamanan perut, flatulensi (akumulasi gas berlebih dalam perut dari usus besar), kembung, dan diare yang terjadi setelah mengonsumsi produk susu,” ujar dr. Rizal dalam keterangan tertulis, Jumat (12/10).

Bukan berarti susu dengan protein A1 tidak baik. Hanya saja jika ingin nutrisi lebih mudah diserap dan tidak menimbulkan mual, baiknya konsumsi susu sapi A2. Karena kebutuhan tiap orang berbeda.

Senada dengan dr. Rizal, Marketing Manager KIN Anton Budiharjo menjelaskan, sebagian orang menggangap reaksi mual atau kembung usai minum susu adalah normal. "Banyak orang menduga hal ini disebabkan karena mereka lactose intolerant, padahal bisa jadi karena tubuhnya tidak dapat mencerna protein A1 yang terdapat dalam susu,” ujarnya.

Untuk itu, guna memenuhi kebutuhan konsumen akan susu sapi A2, PT ABC Kogen Dairy menghadirkan terobosan baru lewat KIN Fresh Milk, Susu Berkelas Dari Sapi Teratas. Bahkan untuk menghasilkan susu segar sapi A2, PT ABC Kogen Dairy hanya memelihara jenis sapi A2 dengan pemeriksaan ketat.

"Susu dari sapi A2 ini adalah 100 persen susu segar, tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi pada kandungannya," lanjut Tiffany PratiwiSuwandi selaku Brand Manager KIN.

KIN Fresh Milk dengan susu sapi A2 hadir dalam 3 rasa favorit, yaitu Full Cream, Chocolate, dan Coffee. KIN Fresh Milk juga merupakan satu-satunya produk susu yang dikemas dalam botol dengan UVlight barrier untuk menjamin kualitas produk tanpa bahan pengawet.

(ana/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up