JawaPos Radar

5 Warna Batik Betawi Dipadukan dengan Motif Kerak Telor

12/10/2018, 19:37 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
baju batik, batik betawi,
Batik Betawi karya ELEMWE dalam HUT Periswara Angkasa Pura II. (Dok ELEMWE)
Share this image

JawaPos.com - Ibukota Jakarta terkenal dengan budaya Betawi yang khas dan unik. Betawi pun punya gaya dalam berbusana, salah satunya kain batik. Batik Betawi secara konsisten diperkenalkan oleh label ELEMWE.

Pemilik dan Desainer Label ELEMWE, Lily Mariasari menjelaskan dirinya berusaha mengemas batik Betawi memiliki nilai yang tinggi tidak lagi memiliki imej dengan warna terlalu mencolok. Maka di tangan Lily, batik Betawi lebih berkelas dengan warna yang teduh.

"Bicara mengenai keindahan batik memang tiada habisnya. Kali ini saya diberi kepercayaan menjadi salah satu juri atau tim penilai dalam menentukan desain busana Periswara pada HUT Periswara Angkasa Pura II," kata Liliy dalam keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Jumat (12/10).

Busana yang dibawakan oleh anggota pengurus dari Periswara, yaitu batik seni budaya Betawi yang dipadu dengan bahan polos yang warnanya mengambil dari logo periswara. Tak hanya menjadi juri, dalam kesempatakan ini ELEMWE juha mempersembahkan 5 busana batik wanita.

"Sesuai dengan lambang Periswara di mana dalam desain saya kali ini ada 5 warna yang memiliki arti, kecerahan, semangat, anggun, ceria, cantik dan Indah," ujar Lily.

Batik yang dipersembahkan yaitu bermotif perkampungan seni budaya Betawi dan kuliner Betawi kerak telor. Motif ini merupakan khas logo atau ikon Betawi.

"Ada banyak logo atau ikon yang masih terus saya riset dan terus mencari. Agar kekayaan batik Betawi makin beragam," tegasnya.

Kini, Lily tak pernah kehabisan ide untuk berkreasi dalam suguhan batik Betawi. Masyarakat pun kini semakin banyak mengenal jika Betawi juga punya batik.

"Saya coba konsisten promosikan batik Betawi. Saat itu kan corak batik Betawi belum banyak yang tahu. Padahal banyak yang unik seperti ondel-ondel, Monas, buah salak, bajaj, kerak telor. Lalu dengan sentuhan kami membuat batik Betawi lebih elegan dan bergengsi bagi pemakainya," kata Lily.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up