JawaPos Radar

Ngopi Saraosna Vol 6

Begini Gaya Ridwan Kamil Coffee Brewing Buat Pengunjung

13/10/2018, 01:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Begini Gaya Ridwan Kamil Coffee Brewing Buat Pengunjung
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Siti Fatonah/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Agenda Ngopi Saraosna atau Ngora Vol 6 merupakan agenda rutin sekiranya digelar tiga bulanan di halaman Gedung Sate Bandung. Namun pada gelombang ke-6 ini semakin meriah.

Tak hanya meriah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut melakukan coffee brewing di stand ngopi saraosna vol 6. Beberapa cup kopi langsung dibuatkan oleh Ridwan Kamil untuk masyarakat atau pengunjung yang beruntung.

Perihal acara Ngora ini, Kang Emil sapaannya karena sekarang komoditi kopi ini adalah komoditi yang paling dicari. Semakin kompetitif, maka kualitas menjadi sebuah ukuran.

Begini Gaya Ridwan Kamil Coffee Brewing Buat Pengunjung
Pengunjung memadati ngopi saraosna vol 6 di halaman Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (Siti Fatonah/ JawaPos.com)

"Nah Jawa Barat adalah karena sejarahnya dulu penghasil kopi di lima tahun kedepan harus kita bangkitkan lagi menjadi provinsi kopi terbaik dunia," kata Kang Emil di Gedung Sate Bandung, Jumat (12/10).

Oleh karena itu, kata dia salah satu yang akan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bentuk yakni akan membuat forum kopi Jawa Barat. Sehingga pemerintah atau lainnya yang punya teknologi canggih serta ilmu dagang hebat bisa dikombinasikan hingga ke level petani.

"Saya enggak mau petani hanya menjadi petani yang tidak sejahtera, kalah dengan penjual yang ada di sistemnya," ungkap Kang Emil.

Kemudian juga dengan sistem digital, dipastikan petani kopi bisa menjual hasil panennya secara langsung, sehingga kesejahteraannya bisa lebih meningkat dibanding harus lewat pelantara. Selain itu ada kendala, Kang Emil mendapat curhatan dari petani yang kekurangan teknologi untuk memastikan ini kena penyakit atau tidak ada problem di penjualan.

"Tadi yang di Garut yah ada harganya tidak standar jualnya juga tidak ada yang bantu. Nah perbedaannya nanti kita akan ikut bantu juga di penjualan. Jadi di forum kopi di pemasaran di berbagai level termasuk mimpinya punya cafe di seluruh dunia," tuturnya.

Pengunjung Ngora Vol 6, Abas, 23 mengatakan acaranya sangat meriah dan berbeda dari Ngopi Saraosna Vol 5. Stand dan spot foto pun diperluas hingga halaman belakang Gedung Sate.

"Dulu mah stand kopinua cuma di halaman depan, kalau pas Kang Emil ada yang beda lokasinya diperluas sampai belakakang," ucap Abas.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com, Ngora Vol 6 dibuka langsung oleh Kang Emil siang tadi. Acara akan berlangsung selama dua hari 12-13 Oktober 2018 di halaman Gedung Sate. Antusias pengunjung, semakin sore dan petang semakin membludak, dari anak-anak, generasi milenial, hingga orang dewasa. (ona/JPC)

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up