JawaPos Radar

Gempa dan Tsunami Sulteng, Operasi Tinombala Tetap Berjalan

12/10/2018, 17:25 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Gempa dan Tsunami Sulteng, Operasi Tinombala Tetap Berjalan
Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo melepas 106 personil Satuan Brimob Polda Sumsel untuk bergabung dalam Operasi Tinombala tahap II. (Novis/Sumatera Ekspres/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah ternyata tak menghentikan Kepolisian dalam melakukan operasi Tinombala. Mereka tetap mengantisipasi kemungkinan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) memanfaatkan kondisi di wilayah tersebut.

"Sudah diantisipasi oleh Satgas Tinombala. Operasi Tinombala diperpanjang tapi tidak terpusat, dilaksanakan dengan kekuatan Polda setempat," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Bogor, Jakarta, Jumat (12/10).

Menurutnya, intelijen TNI dan Polri juga tidak pernah berhenti memantau setiap gerakan kelompok teroris MIT. "Aman. Ada intelijen di sana," imbuhnya.

Sementara itu Dedi mengatakan, sebelum kejadian gempa dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah, pihak Kepolisian memindah tujuh orang narapidana teroris ke Lapas Nusakambangan. "Hari Rabu (sebelum gempa dan tsunami), seluruh napiter ada tujuh orang, sudah dievakuasi ke Nusakambangan," tukasnya.

Sekadar informasi, sampai saat ini masih ada 7 orang teroris yang tersisa dari kelompok gerakan radikal MIT pimpinan Santoso. Diantaranya, Ali Muhammad alias Ali Kalora alias Ali Ambon, Muhammad Faisal alias Namnung alias Kobar, Qatar Alias Farel, Nae alias Galuh, Basir alias Romzi, Abu Alim dan Kholid.

MIT sendiri adalah kelompok teroris yang berbaiat kepada pimpinan kelompok Islamic State (ISIS) Abu Bakar Al Baghdadi di Suriah.

Seperti diketahui Poso, Sulawesi Tengah, sempat menjadi lokasi pelatihan militer jejaring kelompok radikal wilayah Jawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga Sumatra Utara.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up