JawaPos Radar

Pertemuan Indonesia dan Vietnam Hasilkan Enam Poin Pembahasan

12/10/2018, 16:42 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Pertemuan Indonesia dan Vietnam Hasilkan Enam Poin Pembahasan
Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc melakukan pertemuan di Nusa Dua, Bali. Pertemuan bilateral kedua negara ini menghasilkan 6 kesepakatan.

"Saya dan PM Vietnam baru saja lakukan perjanjian bilateral. Persis satu bulan lalu kami bertemu di Hanoi. Ini mencermikan hubungan bilateral yang didasarkan kemitraaan strategis Indonesia dan Vietnam," ujarnya di BNDCC, Bali, Jumat (12/10).

"Saya ucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Vietnam pada investor-investor Indonesia di Vietnam," sambungnya.

Kedua, lanjut Jokowi, Vietnam setuju membantu menyelesaikan masalah hambatan ekspor otomotif ke Vietnam.

Ketiga, Jokowi menyampaikan keinginannya kepada Vietnam agar pengusaha Indonesia bisa menjajaki pasar disana. Produk-produk seperti farmasi dan alat kesehatan adalah salah satu yang ditargetkan.

"Keempat, dua hari setelah di Hanoi, tim teknis perundingan zee sudah melakukan pertemuan guna mencari solusi yang saling menguntungkan. Kita sepakat terus mendorong tim perunding," tuturnya.

Kelima, Jokowi mendorong kerja sama pemberantasan penangkapan ikan ilegal bagi kedua negara. Sebab, potensi laut bagi mereka dinilai harus dilindungi.

"Terakhir, kita sepakat untuk terus berkontribusi dalam pengembangan konsep kerja sama indopasisifik yang mengedepankan sentral ASEAN," tutup mantan Wali Kota Solo ini.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up