JawaPos Radar

Daerah di Sumbar Diminta Aktifkan Posko Bencana

12/10/2018, 16:04 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Intensitas hujan sedang hingga lebat diprediksi mengguyur sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar) hingga akhir November mendatang. Demikian menurut prakiraan Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun BIM Kabupaten Padang Pariaman. Bahkan hujan deras sepanjang sepekan terakhir telah menuai bencana banjir dan longsor di 11 kabupaten/kota.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno lantas menghimbau agar seluruh kepala daerah lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor. "Diharapkan setiap daerah mengaktfikan posko penanggulangan bencana selama 1x24 jam setiap hari," kata Irwan Prayitno dalam surat imbauan yang dibagikan Kabiro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal, Jumat (12/10).

Selain itu, setiap OPD di kabupaten/kota diharapkan mampu berkoordinasi dengan baik. Seperti menginformasikan kondisi daerah masing-masing.

Bagi warga yang bermukim dekat perbukitan, disarankan segera mencari tempat yang lebih aman untuk mengindari terjadinya longsor. Terutama jika curah hujan tinggi dengan intensitas lama. "Pengendara jalan juga diminta berhati-hati. Apalagi melintasi jalan yang kiri-kanannya di apit perbukitan dan lembah," pesan Irwan.

Sebelumnya, hujan lebat terus mengguyur Sumbar hingga Jumat (12/10) siang. Akibatnya, daerah terdampak banjir dan longsor kian meluas. Dari data yang diterima, jumlah daerah yang diterjang bencana banjir dan longsor mencapai 11 kabupaten/kota. Namun pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar belum bisa memastikan jumlah kerugian dan kerusakan.

11 Daerah yang diterpa banjir dan longsor antara lain Kabupaten Pasaman Barat, Pasaman, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Lima Puluh Kota dan kabupaten Tanah Datar. Kemudian Kota Sawahlunto, Kabupaten Agam, Sijunjung, Mentawai dan Kabupaten Solok.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up