JawaPos Radar

Asian Para Games 2018

Ini Tantangan Fisioterapis Dalam Menangani Atlet Difabel

12/10/2018, 15:56 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Para Games 2018, INAPGOC, Kemenpora, Indonesia, fisioterapis, Ayu Rahmayana
Ayu Rahmayana, fisioterapis atlet para atletik di Asian Para Games 2018 (Bintang Rahmat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Peran fisioterapis dalam event olahraga sangatlah krusial. Mereka berperan besar dalam menangani atlet yang mengalami cedera. Terlebih lagi untuk ahli fisioterapis pada atlet penyandang disabilitas, karena mereka harus melakukan pendekatan yang berbeda.

"Menangani atlet disabilitas banyak tantangannya. Salah satunya itu dalam mendiagnosis kondisi mereka, karena mereka kan punya beberapa kelemahan pada ototnya," ucap Ayu Rahmayana selaku fisioterapis cabang olahraga atletik Asian Para Games 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan.

Ayu mengungkapkan, khusus untuk olahraga atletik, kendala yang sering ditemui terletak pada bagian otot. Karena, struktur otot atlet normal dan disabilitas rupanya sangat berbeda meskipun penanganannya relatif sama.

Ayu juga mengatakan terdapat, ada tahap-tahap dalam memberikan penanganan atlet difabel yang mengalami cedera. Tahapan tersebut dikenal dengan istilah RICE.

"RICE singkatan dari Rest (istirahat), Ice (es batu, Red), Compression (mengompres luka atau bagian yang cedera), dan Elevation (membuat si atlet kembali bergerak, Red) supaya aliran darah lancar. Setelah itu, kami melakukan pemeriksaan spesifik. Proses RICE ini dilakukan selama 15 menit," tuturnya.

Pemeriksaan spesifik tiap atlet juga berbeda, tergantung dari letak cedera yang dialami atlet. Tidak hanya itu saja, Ayu mengaku peran fisioterapis tidak terbatas ketika seorang atlet mengalami cedera saja. Mereka juga dituntut untuk melakukan langkah preventif agar atlet tidak mengalami cedera yang sama.

"Tergantung jenis sendi. Bisa ligamen, otot, atau tulang. Intinya struktur gerak. Tapi kalau atletik itu kebanyakan yang menderita cedera itu pada otot paha belakang, atau hamstring," ujarnya.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up