JawaPos Radar

Tunggu Untad Pulih, UB Buka Program Kuliah Gratis untuk Mahasiswa Palu

12/10/2018, 15:43 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Tunggu Untad Pulih, UB Buka Program Kuliah Gratis untuk Mahasiswa Palu
Universitas Brawijaya (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Sebanyak 9 mahasiswa Universitas Tadulako (Untad), Palu, Sulawesi Tengah, korban bencana gempa dan tsunami di Palu sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti program 'sit in' di Universitas Brawijaya (UB) Malang. Selama mengikuti perkuliahan, mereka pun tidak dipungut biaya alias gratis.

Berdasarkan data dari Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Sulawesi Tengah (IPPMST), saat ini sudah ada 9 mahasiswa yang telah mengirimkan berkas. Namun, seluruh mahasiswa tersebut saat ini masih berada di Palu.

Kepala Bagian Humas dan Kearsipan Universitas Brawijaya Malang, Kotok Gurito mengatakan, mahasiswa Untad program 'sit in' yang belajar di UB Malang tidak dibatasi kuotanya. "Program studi yang diambil juga bebas, tergantung kebutuhan mahasiswa," ujar Kotok, Jumat (12/10).

Selain program studi, kata dia, dalam menempuh pembelajaran di kampus UB tidak diberi batasan waktu. Hingga kondisi Untad Palu benar-benar pulih pasca bencana alam melanda.

Kotok menyampaikan, untuk sementara ini pihaknya hanya memberikan bantuan dalam bentuk perkuliahan. "Sedangkan untuk penilaian akhir semester ataupun ujian akhir semester kami serahkan pada Untad sebagai perguruan tinggi pengirim," lanjutnya.

Dia menegaskan, selama menempuh proses pembelajaran di UB, mahasiswa korban bencana tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Sementara terkait biaya hidup ataupun pemondokan masih dikomunikasikan ke Kemenristekdikti. "Selain ada yang tinggal bersama keluarganya, mahasiswa sit in juga ada yang tinggal di asrama mahasiswa Palu yang ada di Malang," tuturnya. Selain UB, Universitas Negeri Malang (UM) juga membuka program serupa. 

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up