JawaPos Radar

Polda Jatim Tambah Pasukan ke Sumenep

12/10/2018, 15:38 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Gempa Jatim
ILUSTRASI: Gempa bumi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Polda Jawa Timur (Jatim) mengirimkan pasukan tambahan ke Sumenep untuk penanggulangan bencana gempa bumi. Mereka terbagi menjadi 4 tim. Adalah tim medis, tim healing (psikolog/trauma healing), tim dapur umum, dan tim penyaluran bantuan sosial.

Tim tersebut memperkuat 189 personel yang sudah berada di Sumenep sejak Kamis (11/10) kemarin. Totalnya ada 200 personil yang terlibat dalam upaya penanganan korban gempa bumi. Termasuk perbaikan bangunan yang rusak.

Data yang didapat JawaPos.com, sebanyak 419 bangunan mengalami kerusakan. Mulai dari rumah warga, bangunan PAUD, masjid, dan sekolah Madrasah. Adapun kerusakan bangunan berada di 9 desa di Kecamatan Gayam.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan,
personel langsung bergabung dengan Zeni Kodam V Brawijaya. Mereka bertugas mengamankan dan beberapa di antaranya juga membantu memperbaiki rumah warga yang rusak.

"Sementara soal rumah akan dipenuhi pemda (Pemprov Jatim). Ya, polisi kali pertama harus melakukan kegiatan pengamanan. Supaya masyarakat tenang menantikan bantuan itu," kata Barung di Mapolda Jatim, Jumat (12/10).

Personel Polri juga memprioritaskan penyaluran bantuan berupa bahan pangan. Sebab saat ini, kebutuhan makanan yang mendesak. "Nanti mobil Brimob, dapur umum Brimob akan dikirim untuk bantu masyaraakat dalam rangka memenuhi kebutuhan sementara. Saat ini yang mendesak itu makanan," terang Barung.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up