JawaPos Radar

Mengintip Kamera 360 Derajat Besutan Canon, Begini Bentuknya

12/10/2018, 14:58 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Canon 360 derajat, Kamera 360 derajat, Canon Kamera 360 derajat
Paten kamera Canon 360 derajat untuk para profesional. (LetsGoDigital)
Share this image

JawaPos.com – Produsen kamera kenamaan, Canon, tengah mempersiapkan kamera terbaru. Bukan kamera konvensional, pabrikan asal Jepang itu tampaknya ingin membuat produk lain, yakni kamera 360 derajat untuk para profesional.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman LetsGoDigital, Jumat (12/10), soal kamera Canon 360 derajat terungkap dalam sebuah paten. Canon diketahui mengajukan paten pada Maret lalu ke World Intellectual Property Organization (WIPO) atau Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia. Paten lantas diterbitkan awal Oktober kemarin.

Adapun paten yang didaftarkan Canon ke organisasi yang masih berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu berjudul ‘Image Capturing Apparatus and Image Capturing Control Method’. Dalam paten tersebut, tampak sebuah kamera dengan bentuk tidak biasa. Bukan kotak seperti kamera kebanyakan, bentuk kamera 360 derajat Canon justru membulat bak bola sepak.

Canon 360 derajat, Kamera 360 derajat, Canon Kamera 360 derajat
Paten kamera Canon 360 derajat untuk para profesional. (LetsGoDigital)

Menariknya lagi, jika kamera 360 derajat pabrikan sekarang hanya memiliki kamera paling banyak tiga, paten yang diajukan Canon justru memiliki delapan lensa. Kedelapan lensa kamera dari paten Canon ditempatkan satu di atas dan bawah serta enam didistribusikan di bagian sumbu tengah dan terus terhubung satu lensa dengan lensa lainnya.

Adapun tujuan dibuat banyak lensa itu adalah untuk mengambil kebutuhan gambar dari masing-masing pos kamera. Dari gambar-gambar tersebut kemudian dapat digabungkan menjadi satu gambar menggunakan perangkat lunak khusus yang dibuat Canon nantinya.

Lensa kamera 360 derajat Canon juga memiliki kemampuan independent zooming. Jadi, kedelapan lensa dapat melakukan sendiri zoom-zoom secara terpisah untuk menghasilkan gambar khas dan sempurna. Selain itu, lensa-lensa berjumlah delapan itu juga memiliki penutup otomatis. Fungsinya mirip dengan lensa pada kamera saku.

Canon 360 derajat, Kamera 360 derajat, Canon Kamera 360 derajat
Aktivitas foto 360 derajat dengan menggunakan banyak kamera konvensional. (PhotoboothFinder)

Pada gambar terlihat, kamera 360 derajat ini memiliki tombol pelepas atau tombol shutter. Ada pula dua tombol zoom yang memungkinkan satu atau lebih lensa kamera dapat dikontrol pada saat yang bersamaan. Selain itu, tombol tersebut juga memungkinkan untuk mengoperasikan sistem dari jarak jauh melalui komputer atau smartphone.

Kamera Canon 360 yang dipatenkan berdiri di atas tiga kaki tripod built-in. Posisinya dapat disesuaikan sendiri, baik dalam panjang dan sudut. Selain itu, tiga unit penerangan bergerak juga dipasang pada sistem kamera. Kompartemen baterai terletak di bagian bawah kamera.

Sumber: LetsGoDigital

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up