JawaPos Radar

Apresiasi Penanganan Bencana Jogja, Sandi Dapat Pesan dari Sri Sultan

12/10/2018, 14:38 WIB | Editor: Dida Tenola
Apresiasi Penanganan Bencana Jogja, Sandi Dapat Pesan dari Sri Sultan
Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno usai bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (12/10). (Ridho Hidayat/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno terkesan dengan penanganan bencana alam yang dilakukan oleh masyarakat Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Sandi mendengarkan langsung model-model penanggulangan bencana itu dari Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Beberapa kejadian bencana terkini seperti penanganan bencana 2006, beliau (Sultan) bercerita bagaimana penanganan bencana di sini," kata Sandi usai bertemu Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Kilen kompleks Keraton Jogjakarta, Jumat (12/10).

Selain bencana gempa 2006 yang menewaskan sedikitnya 4 ribu jiwa, Sandi juga terkesan dengan penanganan bencana erupsi Gunung Merapi 2010 silam. Penanganan kebencanaannya juga mengandalkan partisipasi dari masyarakat.

 "Bagaimana masyarakat ikut partisipatif dalam penyelesaian bencana, banyak (masukan) kearifan yang datang dari Sultan. Sangat inspiratif memberikan motivasi ke kami," tambah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandi mengaku mendapat pesan dari Sultan. Dia menerima petuah agar menjaga suasana Pilpres 2019 tetap sejuk dan rukun. Tidak memecah-belah, baik saat di awal maupun pada masa akhir nanti.

 "Tentunya menjaga agar pilpres tetap sejuk dan rukun, tidak memecah-belah. Di awal cukup sejuk. Bagaimana ini dijaga, kampanye di masyarakat benturan semakin meruncing, jangan sampai seperti itu," lanjut Sandi.

Selain meminta restu ke Sultan Hamengku Buwono X, Sandiaga Uno juga meresmikan Sekretariat Badan Pemenangan Prabowo-Sandi, Jumat siang (12/10). Peresmian posko di Ndalem Purbayan, Jalan Polowijan nomor 64, Kota Jogjakarta itu diikuti sekitar 20 kelompok relawan.

 

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up