JawaPos Radar

Hanya Ada 500 Microchip Gratis, Selanjutnya Bayar

12/10/2018, 14:34 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Hanya Ada 500 Microchip Gratis, Selanjutnya Bayar
Pemprov DKI Jakarta siapkan 500 microchip untuk anjing. (Dokumen pribadi for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemprov DKI Jakarta menyediakan 500 microchip gratis untuk anjing peliharaan di ibu kota. Hal ini dilakukan sebagai upaya lebih masif untuk mewujudkan Jakarta bebas rabies.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI Jakarta Sri Hartati menyatakan, hingga saat ini sudah 314 microchip terpasang di lima wilayah. Namun, setelah habis apakah tetap gratis?

Hanya Ada 500 Microchip Gratis, Selanjutnya Bayar

"Kalau sudah habis 500 itu ya yang lain bayar, harus membeli sendiri. Tidak gratis selanjutnya," jelas Sri saat dikonfirmasi, Jumat (12/10).

Untuk jenis dan kisaran harga, Sri menyatakan semuanya berbeda-beda tergantung produk mana yang akan digunakan. Apapun merknya diperbolehkan asalkan memenuhi standar International Committee for Animal Recording (ICAR).

"Cek saja di toko online, tanya-tanya deh macam-macam soalnya karena ada yang biasa dengan scanner dan GPS. Silahkan saja tergantung kemampuan pemiliknya," jelas Sri.

Saat JawaPos.com menelusuri ke salah satu toko online, kisaran harga untuk satu microchip adalah sekitar Rp 45.000. Sedangkan, untuk scanner sendiri harganya sekitar Rp 2 juta.

"Selanjutnya masyarakat membeli sendiri dan memasang ke dokter hewan, karena peraturannya harus dipasang oleh dokter hewan dan klinik yang berwenang. Jadi kalau dipasang sendiri gitu nggak bisa," tandasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up