JawaPos Radar

Tornado dan Hujan Es Hantam Australia, Ratusan Ribu Rumah Rusak

12/10/2018, 13:39 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
tornado, hujan es, australia,
Tornado dan badai menyapu wilayah Queensland di Australia. Setidaknya empat orang terluka parah dan menyebabkan kerusakan meluas di wilayah tersebut (The New Daily)
Share this image

JawaPos.com - Tornado dan badai menyapu wilayah Queensland di Australia. Setidaknya empat orang terluka parah dan menyebabkan kerusakan meluas di wilayah tersebut.

Tornado lainnya menghantam Tansey, sebuah kota yang berjarak 250 km utara Brisbane. Mencabut pepohonan dari akarnya, dan melepaskan atap-atap rumah.

Salah satu warga, Fiona Simpson mengunggah gambar memar dan goresan di seluruh tubuhnya. "Saya menutupi bayi saya dengan tubuh saya untuk menghentikannya dari cedera parah. Saya tidak pernah merasakan badai hujan es seperti ini," katanya dilansir dari BBC, Jumat, (12/10).

tornado, hujan es, australia,
Tornado lainnya menghantam Tansey, sebuah kota yang berjarak 250 km utara Brisbane. Mencabut pepohonan dari akarnya, dan melepaskan atap-atap rumah (Pixabay)

Bentuk tornado terkuat di negara ini adalah jenis badai yang juga sering disertai dengan hujan es yang merusak. Pada Kamis,  (11/10), hujan es dan angin berkecepatan hingga 98 km per jam menyebabkan kerusakan besar pada bangunan dan tanaman. Pengguna media sosial juga melaporkan cedera pada beberapa hewan.

Warga bernama Steven Harland menggambarkan badai itu kuat. Dia mengatakan, melihat banjir bandang, pohon-pohon yang tak terhitung jumlahnya tumbang, dan kerusakan kendaraan dari hujan es.

Pihak berwenang mengatakan, mereka telah menerjunkan lebih dari 300 petugas untuk memberikan bantuan, termasuk untuk seorang pengemudi yang terperangkap oleh pohon tumbang. Australian Broadcasting Corporation melaporkan, hampir 10.000 rumah tanpa listrik.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up