JawaPos Radar

Hanya Seukuran Beras, Microchip Aman Ditanam di Tubuh Anjing

12/10/2018, 13:50 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Hanya Seukuran Beras, Microchip Aman Ditanam di Tubuh Anjing
Microchip tak membahayakan jika ditanam di tubuh anjing. (Dok. pribadi for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Viralnya 'KTP' atau kartu identitas anjing membuat para pemilik pastinya bertanya-tanya akan kepastian keamanan penanaman microchip pada hewan peliharannya. Sebab, microchip sebagai pemindai identitas harus ditanam di tubuh anjing.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI Jakarta Sri Hartati, mengatakan pemilik anjing tidak perlu khawatir jika hewan peliharannya akan dipasang microchip. Pasalnya bentuk dari microchip tidaklah besar, karena sesuai sebutannya berukuran mikro.

"Jadi memang microchip itu kecil kok, sekecil beras," tuturnya saat dikonfirmasi, Jumat (12/10).

Hanya Seukuran Beras, Microchip Aman Ditanam di Tubuh Anjing
Infografis KTP Anjing (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Dari segi kesehatan dan keamanan anjing, Sri memastikan karena ditanam di bawah kulit anjing, maka ini tidak akan bahaya. Sebab, microchip pun berbentuk padat dan tidak mengandung material yang membahayakan.

"Nggak bahaya, soalnya kan ditanam di bawah kulit anjing. Jadi bisa di-scan nanti dipasang di leher," terang Sri.

Seperti yang diketahui, pemasangan microchip ini dilakukan dalam rangka pengendalian penyakit pada hewan penular rabies, salah satunya anjing. Hal ini dilakukan sesuai Pergub DKI Nomor 199 Tahun 2016.

Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta menyediakan sebanyak 500 microcip yang bisa didapat secara gratis oleh pemilik anjing. Syaratnya pun tidak terlalu sulit, yakni hanya menyertakan buku vaksin antirabies dan anjing berpemilik.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up