JawaPos Radar

Sayang Hewan Peliharaan, Anna Senang Anjingnya Punya KTP

12/10/2018, 13:24 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Sayang Hewan Peliharaan, Anna Senang Anjingnya Punya KTP
Dua anjing Anna telah memiliki 'KTP' (Dokumen pribadi for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Program pemasangan microchip oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendapat dukungan dari para pemilik anjing. Salah satunya Elvira Anna, warga Cipinang Cipedak, Kampung Jakarta Timur, yang menganggap program tersebut berguna bagi hewan pelirahannya.

Sebagai pemilik anjing, Anna mengaku program tersebut penting diadakan. Selain untuk kesehatan hewan, sekaligus membuktikan bahwa pemilik bertanggung jawab atas hewan peliharaanya. Dirinya pun senang dua hewan peliharaannya kini telah miliki KTP. 

"Kalau saya sih merasa itu perlu karena itu untuk membuktikan kami pemilik yang bertanggung jawab dan juga membuktikan anjing itu bebas rabies," kata Anna, saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (12/10).

Sayang Hewan Peliharaan, Anna Senang Anjingnya Punya KTP
Infografis KTP Anjing (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Anna menceritakan tidak sulit untuk mendapatkan microchip gratis dari Pemprov DKI Jakarta itu. Pemilik hewan hanya diminta membawa buku vaksin anjing peliharannya. Jika dinyatakan anjing rutin divaksin antirabies setiap tahunnya, maka microchip akan diberikan.

"Saya cuma disuruh bawa buku vaksin anjing, tiap tahun kan kami selalu vaksin rabies. Anjing juga diperiksa, kutuan nggak, jamuran ngga. Setelah dinyatakan bersih baru dikasih microchip," ceritanya.

Setelah dipasang microchip, anjing akan mencapatkan kartu identitas atau 'KTP'. Di dalamnya akan memuat data-data anjing berikut pemiliknya.

Dua anjing milik Anna, kini pun telah memiliki 'KTP' tersebut. Keduanya yakni bernama Dalton jenis Mongrel (mix anjing kampung) dan Jack jenis Shih Tzu.

Seperti diketahui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta tahun ini menargetkan memasang 500 microchip secara gratis. Hingga saat ini sudah ada 314 micrichip yang terpasang pada anjing peliharaan warga ibu kota.

(bin/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up