JawaPos Radar

Pasca Gempa dan Tsunami, Polri Pastikan Keamanan Palu

12/10/2018, 15:20 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pasca Gempa dan Tsunami, Polri Pastikan Keamanan Palu
Gempa Palu (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Wilayah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah kini mulai bangkit. Pelayanan dan keamanan pun sudah diaktifkan pihak Kepolisian.

"Keamanan dari hari ke hari semakin membaik. Pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian, pelayanan tugas preemtif, pelayanan patroli dan lantas sudah berjalan dengan baik," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat menggelar konferensi pers di Hotel Alana, Bogor, Jumat (12/10).

Begitu pula dengan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendaftar seleksi sebagai pegawai negeri sipil. Juga perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), pelayanannya sudah berjalan walaupun belum maksimal.

Sampai hari ini Polres Palu dan Polda Sulteng pun sudah mengamankan setidaknya 121 tersangka penjarahan. "Sudah cukup membuat efek jera bagi pelaku penjarahan dan berikan keyakinan kepada masyarakat aparat kepolisian mampu memberikan keamanan baik di Palu, Donggala, dan Sigi," tutur dia.

Pihaknya bersama personel TNI juga mengamankan tempat-tempat pelayanan publik. Seperti di SPBU, mall, pasar, ATM, dan waralaba yang sudah mulai dibuka untuk mengaktifkan perekonomian warga.

"Untuk yang terus kita awasi amankan LPG. Dapur umum masih butuhkan LPG. Disuplai dari luar kota Palu. Masih banyak antrian LPG," sebut Dedi.

Lebih jauh dia menerangkan, saat ini ada 2556 personel terdiri dari 2062 Brimob dan 101 tim DVI yang turut melakukan evakuasi di Palu dan sekitarnya. Khususdi RS Bhayangkara, ada sekitar 700 jenazah yang diidentifikasi.

"Di hari ke-7, 270 jenazah yang diidentifikasi sisanya tidak berhasil karena mengalami pembusukan yang hebat. Setiap mayat diberi kode sewaktu-waktu keluarga punya bukti pembanding itu bisa dilihat dr label yang dibuat tim DVI," tukas Dedi.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up