JawaPos Radar

Kereta Cepat Haramain di Saudi Resmi Beroperasi

12/10/2018, 11:25 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
kereta cepat, kereta cepat haramain, arab saudi,
Kereta kecepatan tinggi Haramain, yang mengubungkan antara Makkah dan Madinah memulai operasinya pada Kamis, (11/10) (Arab News)
Share this image

JawaPos.com - Kereta kecepatan tinggi Haramain, yang mengubungkan antara Makkah dan Madinah memulai operasinya pada Kamis, (11/10). Presiden Saudi Railways Organization (SRO) Rumaih Al Rumaih mengatakan, kereta ini adalah pencapaian bersejarah dalam industri transportasi maju di Kerajaan.

The Haramain High Speed Train ini akan mengankut penumpang dari Makkah ke Madinah yang berjarak 450 km dengan kecepatan 300 km per jam. Tersedia dua kereta, masing-masing membawa 417 penumpang, berangkat dari Mekah dan Madinah pada pukul 8 pagi.

Direktur Proyek Kereta Haramain di Madinah, Saad Al Shahri adalah salah satu pejabat yang menyaksikan peluncuran operasi secara bersamaan di Madinah.

kereta cepat, kereta cepat haramain, arab saudi,
The Haramain High Speed Train ini akan mengankut penumpang dari Makkah ke Madinah yang berjarak 450 km dengan kecepatan 300 km per jam (Siasat)

Al Rumaih juga mengatakan, Kapten Abdurahman Al Shahri, seorang pemuda Saudi, adalah pengemudi dari High Speed Train yang berangkat ke Madinah. Dia juga berterima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammed Bin Salman atas dukungan mereka yang besar dalam mewujudkan impian besar ini.

"Ini merupakan proyek transportasi terbesar di kawasan Timur Tengah dan hadiah dari kepemimpinan Saudi kepada lebih dari 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia," kata Al Rumaih dilansir dari Arab Gazette Jumat (12/10).

Penumpang dapat melakukan reservasi online dan pembelian tiket melalui situs web www.hhr.sa. Mereka dapat menghubungi nomor layanan pelanggan khusus 92000 4433 untuk pertanyaan tentang waktu perjalanan dan tiket tiket.

Ada pemesanan tiket dan fasilitas pembelian di stasiun kereta api di Makkah, Madinah, Jeddah dan Rabigh. Peluncuran kereta juga bertepatan dengan peluncuran aplikasi khusus untuk pemesanan dan pembelian tiket.

Tarif tiket kereta api kelas turis satu arah dari stasiun Sulaimaniyah di Jeddah ke Mekah adalah SR 20 atau sekitar Rp 81.000 sedangkan tiket kelas bisnis akan dikenakan biaya SR25 atau Rp 101.000. Tarif tiket untuk kelas turis antara Mekah dan Madinah adalah SR75 sementara kelas bisnis akan dikenakan biaya SR125.

Tiket kelas wisata adalah SR63 antara Jeddah dan Madinah sementara tarif kelas bisnis adalah SR105. Tarif dari Rabigh ke Madinah SR50 untuk kelas wisata dan SR75 untuk kelas bisnis.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up