JawaPos Radar

Realme C1 Vs Xiaomi Redmi 6A: Unggul di Layar, Kamera, dan Baterai

12/10/2018, 11:16 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Xiaomi Redmi 6A, Realme C1, Xiaomi atau Realme
Smartphone Xiaomi Redmi 6A (kiri) dan Realme C1. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Pendatang baru vendor smartphone asal Tiongkok, Realme, resmi mendarat di Indonesia baru-baru ini. Realme datang dengan tiga amunisi sekaligus, yakni Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1. Realme pun mengaku pede head to head dengan kompetitornya, Xiaomi dengan Redmi 6A.

Soal kepercayaan diri Realme dengan perangkat C1-nya yang pede menantang Xiaomi Redmi 6A diungkapkan Felix Christian selaku Product Manager of Realme Indonesia. Dalam presentasi saat acara perilisan Realme di Jakarta, Selasa (9/10), dia mengungkapkan bahwa smartphone Realme C1 adalah sebuah definisi ulang dari smartphone entry-level.

“Realme C1 merupakan smartphone yang hadir untuk memberikan warna baru pada jajaran smartphone entry-level. Dengan layar mega display, ini adalah smartphone entry-level pertama dan termurah yang mengenakan layar berponi,” ujar Felix.

Xiaomi Redmi 6A, Realme C1, Xiaomi atau Realme
Tabel Spesifikasi Redmi 6A Vs Realme C1 (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Beberapa aspek lain yang dibanggakan Realme C1 untuk bersaing dan menjadi lawan berat Xiaomi Redmi 6A adalah desain. Desain body belakang Realme C1 lebih kekinian yang tampak berkilauan dengan warna mentereng. Realme C1 juga sudah mengusung desain layar dengan notch ala smartphone flagship.

Lantas, seberapa besar kehebatan Realme C1 yang menjadi penantang dan penjegal Xiaomi Redmi 6A? Berikut JawaPos.com berikan perbandingannya.

Dapur Pacu

Soal Xiaomi Redmi 6A sebelumnya JawaPos.com pernah membandingkan dengan produk sejenis dengan kelas yang sama. Sebut saja Samsung Galaxy J4 (2018) dan Oppo A71 (2018). Untuk urusan jeroan, antara Realme C1 dan Xiaomi Redmi 6A sejatinya bukanlah pertarungan antara mereka berdua saja. Pasalnya, di tubuh kedua smartphone tersebut tertanam chip dari pabrikan berbeda. Xiaomi mengusung prosesor bikinan MediaTek, sedangkan Realme menggunakan Qualcomm Snapdragon.

Urusan performa, Xiaomi Redmi 6A ditopang chipset quad-core MediaTek Helio A22. Dapur pacu ini menjadi salah satu hal yang paling ditonjolkan Xiaomi. Sebab Redmi 6A dikatakan mengusung teknologi fabrikasi 12 nm untuk chipset yang dibawanya. Xiaomi Redmi 6A disebut sanggup berjalan dengan kecepatan olah data hingga 2.0 GHz.

Sementara untuk produk penantang Xiaomi Redmi 6A, ada Realme C1. Realme C1 menggendong prosesor octa-core 1.8 GHz Snapdragon 450. Snapdragon 450 sendiri masih membawa fabrikasi 14 nm, tidak seperti MediaTek A22 sudah 12 nm yang diklaim lebih cepat mengolah data dan lebih irit daya.

Namun begitu, jumlah inti (core) pada chip Realme C1 dengan Snapdragon 450 membuatnya lebih unggul ketimbang prosesor dari Xiaomi Redmi 6A dengan MediaTek Helio A22. Prosesor dari Realme C1 juga tak kalah hebat dari Xiaomi Redmi 6A dengan kemampuan mengolah data hingga 1.8 GHz.

Masih dari urusan dapur pacu, baik antara Xiaomi Redmi 6A dengan Realme C1 sama-sama hadir dengan kombinasi RAM dan ROM atau internal storage yang sama. Pun dengan kemampuan ekspansi ruang simpannya menggunakan slot MicroSD. Sebab baik Xiaomi Redmi 6A maupun Realme C1, keduanya sama-sama dilepas dengan kombinasi RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Ruang simpannya masih bisa diekspansi dengan dukungan MicroSD hingga 256 GB.

Layar dan Kamera

Perbandingan selanjutnya dari kedua smartphone yang JawaPos.com adu di atas adalah dari sisi layar dan kamera. Pasalnya, layar dan kamera juga menjadi salah satu tolok ukur konsumen dalam memutuskan smartphone mana yang ingin dibeli setelah aspek performa.

Dari segi layar dan kamera, Xiaomi Redmi 6A hadir mengemas layar IPS LCD berbentang 5,45 inci dengan resolusi HD Plus (1.440 x 720 piksel). Mendukung kesan kekinian, smartphone ini hadir dengan layar beraspek rasio 18:9.

Sementara dari segi kamera, Xiaomi Redmi 6A hadir dengan single main camera di bagian belakang. Resolusinya sebesar 13 MP (f/2.2) yang disertai LED Flash Light. Untuk bagian depan ada kamera swafoto dengan resolusi sebesar 5 MP (f/2.2).

Bergeser ke produk kedua, Realme C1 membawa layar dengan kemampuan HD Plus (1.520 x 750 piksel). Lebih kekinian dari Xiaomi Redmi 6A, Realme C1 seperti disinggung di atas membawa konsep layar lebih baru dengan notch di atas layarnya. Bentangan layar seluas 6,2 inci berbalut Corning Gorilla Glass 3 sebagai fungsi ketahanan. Material dari layar Realme C1 sendiri adalah IPS LCD dengan screen-to-body fitment 81,2 persen beraspek rasio 19:9.

Melompat ke bagian kamera, pada Realme C1 terdapat dua buah kamera di bagian belakang sebagai penembak utama. Realme C1 membawa kemampuan kamera 13 MP (f/2.2) dan 2 MP (f/2.4) depth sensor yang disertai LED Flash Light. Berada di bagian depan, ada kamera selfie dengan ukuran 5 MP (f/2.2).

Pada aspek layar dan kamera, antara Xiaomi Redmi 6A dan Realme C1 memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun jika rujukannya adalah tren, maka Realme C1 boleh dikatakan menang ketimbang Xiaomi Redmi 6A. Pasalnya layar dengan notch terkesan lebih trendi dan lebih lega, juga tengah menjadi incaran konsumen. Selain itu, kamera Xiaomi Redmi 6A yang hanya berbekal satu buah kamera utama di bagian belakang harus mengakui bahwa jumlah kamera di Realme C1 lebih unggul darinya.

Baterai, Security, dan Harga

Perbandingan terakhir, yang ingin JawaPos.com tilik lebih jauh adalah dari segi baterai, fitur keamanan (security), dan apalagi kalau bukan urusan kantong. Untuk urusan daya baterai, Xiaomi Redmi 6A memiliki kemampuan baterai sebesar 3.000 mAh. Xiaomi Redmi 6A membawa fitur keamanan yang cukup penting, yakni fitur face unlock untuk membuka smartphone dengan sensor pembaca wajah. Bicara harga, Xiaomi Redmi 6A dilepas dengan harga Rp 1,4 jutaan.

Sementara Realme C1, untuk urusan daya baterai lebih unggul ketimbang Xiaomi Redmi 6A, yakni baterai gambot dengan ukuran 4.230 mAh. Kesamaan dengan Xiaomi Redmi 6A, Realme C1 juga membawa fitur keamanan face unlock dan sama-sama hadir tanpa dukungan pemindai sidik jari. Urusan kocek, Realme C1 dengan keunggulan pada sektor desain, layar, kamera, dan baterai ketimbang Xiaomi Redmi 6A, dilepas dengan harga Rp 1,4 jutaan.

Bagaimana, sudah ada gambaran soal siapa yang terbaik di kelasnya untuk smartphone entry level? Mau pilih Xiaomi atau Realme? Jawabannya, itu terserah kamu. Melihat perbandingan spesifikasi yang sudah JawaPos.com buat, silahkan sesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan keuangan kamu.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up