JawaPos Radar

Selain Diskon, Ini Penyebab Para Konsumen Setia Berbelanja Online

12/10/2018, 09:33 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
tren belanja online, data belanja online, barang buruan belanja online,
Para narasumber dalam diskusi 'Online Female Domination and How to Capture This Growing Demograhic' di Jakarta. (Inri Sembiring/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Berbelanja online memang menjadi alternatif bagi para ibu muda untuk membeli kebutuhan rumah tangga. Terlebih adanya penawaran yang menarik seperti diskon menjadi magnet yang kuat untuk para ibu muda untuk berbelanja.

Riset pasar spesialis data dan insight ecommerce di Asia Tenggara, ecommerceIQ, mengungkapkan 66 persen dari para konsumen Indonesia berbelanja produk kategori Ibu & Anak online. Tapi, jumlah pembelanjaan online terbesar bagi ibu muda adalah pakaian, perlengkapan bayi, dan mainan. 

Tinggi minat berbelanja online karena kepraktisan e-commerce dan variasi merk. Tapi, yang paling penting, kepercayaan para konsumen online bisa diraih dengan kenyamanan pelayanan dan kualitas barang yang ditawarkan.

Konsumen saat ini memiliki banyak akses untuk mencari informasi online untuk memastikan apakah situs online menyajikan barang dan pelayanan yang nyaman atau tidak. Sehingga, Sheji Ho, yang merupakan aCommerce Group Chief Marketing Officer mengatakan tiap merek harus bisa memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman juga terpercaya.

“Karena banyak perempuan pekerja yang juga full-time mom, demografi ini sangat mengutamakan kenyamanan. Para pemain e-commerce hanya perlu mewujudkan hal ini bagi mereka,” ujar Sheji Ho dalam acara Digital Mom and Baby Shopper Profile di Ayana Mid Plaza, Kamis (11/10).

Setiap e-commerce di Indonesia memiliki caranya sendiri dengan berbagai tawaran menarik untuk memancing daya beli konsumen. Tentu strategi penjualan di online memang sebuah tantangan. Seperti yang diungkapkan Wenny Damayanti selaku Head of Marketing Baby Care PT Softex Indonesia, kalau pihaknya telah melakukan campaign produk baby diaper di online sudah sejak lama dilakukan.

“Kita sadari usaha kita dalam mempromosikan brand itu sangat berpengaruh terhadap penjualan yaitu seperti memasang iklan billboard atau bekerjasama dengan influencer,” ujar Wenny Damayanti.

Sedangkan, menurut seleb sekaligus ibu muda, Agni Pratistha, yang menjadi daya tarik berbelanja di ecommerce adalah diskon. “Diskonan itu berpengaruh sekali, apalagi dengan yang namanya supersale adalah nilai plus bagi ecommerce untuk jadi daya tarik ibu-ibu, harga memang selalu jadi pertimbangan,” ujar Agni Pratistha.

(Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up