JawaPos Radar

Menanti Peresmian Rumah DP Rp 0 Oleh Anies

12/10/2018, 09:14 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Menanti Peresmian Rumah DP Rp 0 Oleh Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan meresmikan rumah DP Rp 0 hari ini, Jumat (12/10). (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hunian murah dengan program DP Rp 0 yang menjadi andalam di Pemprov DKI Jakarta akan diluncurkan pada hari ini, Jumat (12/10) siang. Rencananya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri yang akan meresmikan Proyek Klapa Village yang berada di Jalan H Naman Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur itu.

Berdasarkan jadwal Anies yang disebar oleh Humas Pemprov DKI Jakarta, peresmian akan berlangsung pada pukul 13.30 siang nanti. Hal itu juga dibenarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Meli Budiastuti.

"Jadi (diluncurkan), besok (hari ini) pukul 14.00-an," ujar Meli saat dihubungi, Kamis (11/10).

Rumah DP Rp  Dibangun di Atas Lahan 1,4 Hektare

Pembangunan rumah dengan DP Rp 0 yang pertama dilakukan oleh PD Pembangunan Sarana Jaya. Lahan yang digunakan pun merupakan milik salah satu BUMD DKI itu. 

PD Pembangunan Sarana Jaya memiliki lahan kosong yang terletak di samping TPU Pondok Kelapa dengan total luas 3,6 hektar. Namun PD Pembangunan Sarana Jaya memberikan 1,4 hektar lahannya untuk proyek rumah DP 0 Rupiah yang akan tercipta 703 unit dengan dua tower.

Adapun nantinya, masyarakat dipersilakan untuk memilih di antaranya 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Secara rinci, harga dibanderol Rp 185 juta untuk tipe 21 dengan 1 kamar dan Rp 320 juta untuk tipe 36 dengan 2 kamar.

Anies Bandrol dengan Harga Murah

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan rumah-rumah tersebut nantinya dibandrol dengan harga kisaran Rp 185 juta sampai Rp 320 juta. Sementara angsurannya akan disesuaikan dengan kemampuan warga Jakarta yang penghasilannya di bawah dari Rp 7 juta per bulan.

"Cicilannya 7 tahun, 10 tahun, 15 tahun dan lain lain akan dibuatkan di situ. Jadi tidak seragam. Besaran kreditnya bisa diatur sesuai dengan kemampuan," ujarnya di lokasi, Kamis (18/1).

Pondok Kelapa sebagai pilot project program itu akan tercipta 703 unit hunian vertikal. Di antaranya 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Secara rinci, harga dibanderol Rp 185 juta untuk tipe 21 dengan 1 kamar dan Rp 320 juta untuk tipe 36 dengan 2 kamar.

BI Keluarkan Aturan Pembebasan Pembayaran DP

Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan aturan untuk membebaskan pembayaran uang muka atau down payment (DP) untuk kredit pemilikan rumah (KPR). Kebijakan itu sejalan dengan program Pemprov DKI Jakarta.

Kebijakan tersebut keluar per 1 Agustus 2018. Namun tetap ada syaratnya yakni untuk rumah pertama melalui relaksasi kebijakan maksimum nilai kredit atau Loan To Value(LTV).

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Filianingsih Hendarta menjelaskan, aturan tersebut dilatarbelakangi oleh pertimbangan aspek makro ekonomi yang lebih luas.

"Jadi kami katakan bahwa makroprudensial ini kembali lagi, kami lihatnya makro yang besar bukan dilihat satu kepentingan,” ujarnya beberapa waktu lalu.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up