JawaPos Radar

Infrastruktur Pipa Transmisi PGN Dumai-Medan Dikebut

11/10/2018, 23:19 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Perusahaan Gas Negara
Division Gas Distribution Management Regional (Head GDMR III) PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk, Herry Yusuf, saat memberikan pemaparan terkait pembangunan infrastruktur pipa transmisi PGN sepanjang 664 Km yang membentang dari Dumai-Medan, Kamis (11/10). (Budi Warsito/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk saat ini tengah membangun infrastruktur untuk menyambungkan transmisi di Wilayah Sumatera. Ditargetkan, pada akhir Oktober ini, pipa transmisi yang terbentang dari Duri-Dumai-Medan itu akan melintasi kawasan industri Sei Mangke.

Hal tersebut diungkapkan oleh Division Gas Distribution Management Regional (Head GDMR III) PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk, Herry Yusuf, Kamis (11/10). Ia menjelaskan, rencana pipa transmisi integrasi ini, sebenarnya sudah lama, road map-nya sejak 1997. 

"Transmisi pipa dari Pekan Baru hingga ke Jawa sudah selesai. Tinggal Dumai-Medan,” ujar Herry Yusuf dalam Media Gathering PT PGN, di Samosir, Kamis (11/10).

Untuk diketahui, pipa transmisi yang tengah digarap mulai dari Duri-Dumai hingga ke Medan dibangun sepanjang 664 km dengan kapasitas 250-300 MMScfd. Dimana gas yang akan di transmisikan bersumber dari sumur gas di wilayah Sumatera Selatan milik Conoco Philips.

Harry memaparkan, transmisi pipa gas sepanjang 450 Km tersebut awalnya akan diintegrasikan ke Tanjung Morawa. Hal itu berubah karena melihat jarak antara Dumai-Sei Mangkei lebih dekat. "Maka road map-nya pun diubah. Jarak Dumai-Sei Mangkei hanya 325 kilometer," ungkapnya. 

Lebih jauh Herry menerangkan, keunggulan dari terintegrasinya pipa tersebut, nantinya akan memudahkan setiap tempat pengisian gas dalam memenuhi pemasokan. 

“Misalnya saja, ada masalah di salah satu tempat pengisian atau suplai gas. Maka secara langsung bisa berkoordinasi dengan tempat pengisian lainnya untuk meminta pasokan,” tandas Herry.

(bew/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up