JawaPos Radar

OJK Beri Relaksasi Debitur Nonbank Terdampak Bencana di Sulteng

11/10/2018, 16:27 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
OJK Beri Relaksasi Debitur Nonbank Terdampak Bencana di Sulteng
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (Dok. Radar Banyumas)
Share this image

JawaPos.com - Selain mengeluarkan kebijakan untuk perbankan syariah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mendorong perusahaan-perusahan di Industri Keuangan Nonbank (IKNB) seperti perusahaan pembiayaan yang terkena dampak OJK untuk melakukan pendataan debitur terdampak bencana dan mengalami kesulitan pembayaran angsuran di Sulawesi Tengah.

Untuk perusahaan pembiayaan dapat memberikan relaksasi kepada debitur, antara lain berupa:
1. Rescheduling pembayaran angsuran;
2. Penyesuaian biaya administratif; dan/atau
3. Penyesuaian denda akibat keterlambatan pembayaran angsuran.

Selanjutnya, perusahaan pembiayaan diminta melaporkan secara berkala kepada OJK mengenai progres penanganan restrukturisasi debitur yang tertimpa musibah.

Adapun, berdasarkan rilis yang diterima bagi perusahaan perasuransian, OJK mendorong pendataan para tertanggung/pemegang polis asuransi yang mengalami kerugian akibat bencana. 

Sehingga, dapat segera dilakukan proses penanganan klaim secara profesional, dan jika diperlukan melakukan jemput bola untuk meringankan beban pemegang polis yang tertimpa musibah.

OJK akan terus melakukan pemantauan serta evaluasi terhadap perkembangan kondisi daerah yang terdampak bencana dan akan mengambil langkah-langkah lanjutan yang diperlukan.

(ce1/uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up