JawaPos Radar

Polri Sudah Periksa Basuki

11/10/2018, 15:37 WIB | Editor: Ilham Safutra
Polri Sudah Periksa Basuki
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Miftahulhayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan, tidak ada bukti adanya perobekan atau perusakan barang bukti. Dari pemeriksaan internal, tidak terlihat dua anggota kepolisian tersebut melakukan perobekan. "Jadi, semua pihak menahan diri soal masalah ini," ungkapnya.

Polri juga telah memeriksa Basuki Hariman terkait catatan keuangan tersebut. Basuki mengakui, kendati dicatat semacam itu, ternyata uangnya digunakan untuk kepentingan pribadi. "Uang diambil sendiri, ada kok dalam rekening perusahaan itu," ujarnya.

Bahkan, Polri juga memastikannya dengan membuat pernyataan Basuki secara tertulis dan bermeterai. "Pernyataannya jelas, hanya menulis sekenanya. Dia menulis nama Kapolri karena memang nama itu diketahuinya. Ya, pejabat publik, asal comot saja," paparnya.

Polri juga telah berupaya mengklarifikasi seorang petugas bea dan cukai. Dalam catatan keuangan itu, Basuki menyebut membayar uang untuk petugas bea cukai tersebut. Ternyata juga tidak ada suap ke petugas bea cukai. "Ya, Basuki menggunakan momentum untuk menggunakan nama saja," ungkapnya.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menjelaskan bahwa saat ini pembahasan hanya soal perobekan buku merah itu. Namun, sebenarnya mudah untuk mengetahui benar atau tidak Tito Karnavian disuap Basuki. "Ya, transaksi keuangannya yang harus dilihat," ujarnya.

Tentunya, perlu mencocokkan antara catatan keuangan itu dengan rekening koran dari perusahaan Basuki. Dapat terlihat dengan terang apabila uang yang dikirim itu ditransfer. 

(idr/c10/agm)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up