JawaPos Radar

Hari Tanpa Bayangan di Bandung Berlangsung Selama Lima Menit

11/10/2018, 14:11 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Hari Tanpa Bayangan di Bandung Berlangsung Selama Lima Menit
Warga antusias melihat fenomena hari tanpa bayangan di Bandung, Kamis (11/10). (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Gefisika (BMKG) Bandung membenarkan adanya fenomena siang hari tanpa bayangan. Hal itu terjadi pada hari ini pukul 11.36 WIB dan berlangsung selama lima menit.

Perihal tanpa bayangan dalam pantauan JawaPos.com di tempat terbuka yakni Taman Sejarah Bandung pukul sejak pukul 11.00 WIB cuaca begitu terik. Banyak warga yang memilih berteduh di bawah pohon dan bangunan.

Pukul 11.30 WIB beberapa pengunjung atau warga Kota Bandung mencoba mengabadikan momen fenomena siang hari tanpa bayangan tersebut. Namun jika dilihat, badan atau benda yang tersinari matahari masih memiliki bayangan namun tegak lurus dengan badan. Sehingga bayangan terlihat kecil tepat di bawah kaki.

Hari Tanpa Bayangan di Bandung Berlangsung Selama Lima Menit
Warga antusias melihat fenomena hari tanpa bayangan di Bandung, Kamis (11/10). (Siti Fatonah/JawaPos.com)

Warga Bandung, Fathia, 23 membayangkan jika hari tanpa bayangan adalah benar-benar tanpa bayangan. Layaknya ketika tidak ada cahaya.

"Iya dikira tuh emang sudah saja enggak ada bayangan sekali. Eh jadi ini masih bayangannya cuma tegak lurus dengan badan kita," ungkap Fathia di Taman Sejarah Bandung, Kamis (11/10).

Sebelumnya, Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya sebelumnya mengatakan peristiwa tersebut bukan hal yang asing melainkan rutin terjadi dua kali dalam satu tahun.

"Peristiwa yang rutin terjadi, 1 tahun 2 kali, pada Maret dan Oktober di Pulau Jawa," kata Tony, Rabu (10/10).

Menurutnya pekan ini, posisi matahari tegak lurus di wilayah Bandung. Maka secara bertahap, posisi matahari akan bergeser ke Selatan.

Hal itu terjadi karena bumi mengelilingi matahari, sehingga posisi matahari berubah setiap saat dan berulang setiap tahunnya. Walaupun begitu, fenomena tersebut tidak ada dampak ke manusia.

Cuaca pun sangat terik, terpantau di aplikasi cuaca yakni 29-30 C. "Saat ini suhu maksimum di Bandung, siang hari mencapai 32 derajad celcius. Masih dalam rentang normal rata-rata di bulan Oktober pada 30 tahun terakhir," jelasnya.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up