JawaPos Radar

Tak Idap Kanker, Jenis Penyakit Duterte Masih Misteri

11/10/2018, 09:40 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
duterte, duterte sakit, misteri,
Spekulasi Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengidap penyakit keras terus ditepis. Dilansir dari Al Jazeera pada Selasa, (9/10), Menteri Dalam Negeri Filipina Eduardo Ano mengklarifikasi kalau Duterte tidak mengidap kanker (Macau Business)
Share this image

JawaPos.com – Spekulasi Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengidap penyakit keras terus ditepis. Dilansir dari Al Jazeera pada Selasa, (9/10), Menteri Dalam Negeri Filipina Eduardo Ano mengklarifikasi kalau Duterte tidak mengidap kanker, namun jenis penyakitnya masih dirahasiakan. Duterte diberitakan menderita penyakit keras setelah melewatkan dua acara resmi pekan lalu.

Menurut Ano, Duterte telah menjalani serangkaian tes. "Dia mengungkapkan kepada kami bahwa hasil tes itu negatif, satu di mana mereka mengambil sampel dari ususnya," ujarnya.

Ano mengatakan, Duterte membuat pengungkapan selama pertemuan kabinet pada Senin malam. Presiden melakukan kunjungan tak terjadwal ke rumah sakit ketika dokter memintanya untuk mengulangi prosedur saluran pencernaan tiga minggu setelah tes serupa.

duterte, duterte sakit, misteri,
Ano mengatakan, Duterte membuat pengungkapan selama pertemuan kabinet pada Senin malam. Presiden melakukan kunjungan tak terjadwal ke rumah sakit ketika dokter memintanya untuk mengulangi prosedur (AFP)

Juru Bicara Duterte Harry Roque mengatakan, kondisi Duterte tidak mengalami penyakit serius dan akan tetap menjadi rahasia. "Presiden akan mematuhi Konstitusi, tetapi karena tidak serius, ia akan memperlakukan kondisi medisnya sebagai rahasia," katanya.

Roque menolak memberikan rincian hasil tes dan kesehatan Duterte. Kamis lalu, Duterte mengakui dia mungkin mengidap kanker, mengatakan dia menjalani endoskopi dan kolonoskopi. Kedua tes bertujuan untuk mendiagnosis kelainan pada saluran pencernaan dan usus besar.

"Saya tidak tahu di mana saya sekarang secara fisik, tetapi saya harus menunggu itu. Tetapi saya akan memberi tahu Anda apakah itu kanker, ya itu kanker," kata Duterte.

Di sisi lain, konstitusi Filipina mengatur agar publik berhak diberitahu tentang keadaan kesehatan seorang presiden yang berkuasa, jika serius. Jika pemimpin meninggal di kantor, menjadi cacat permanen, atau dihapus melalui impeachment, wakil presiden harus menjalankan sisa waktu pemerintahan.

Kesehatan Duterte adalah sumber spekulasi yang konstan setelah ia menghilang dari pandangan publik selama seminggu terakhir tahun lalu, tetapi pembantunya menolak rumor tentang kondisi medisnya.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up