JawaPos Radar

Jurus BI Agar Rupiah Tak Loyo Hadapi Keperkasaan Dolar AS

11/10/2018, 09:38 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Jurus BI Agar Rupiah Tak Loyo Hadapi Keperkasaan Dolar AS
Ilustrasi Mata Uang Rupiah (Sumut Pos)
Share this image

JawaPos.com - Bank Indonesia (BI) memahami tekanan perekonomian global yang terjadi saat ini. Sebab, tekanan itu membuat stabilitas nilai tukar goyah dan membuat Rupiah terdepresiasi terhadap Dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia (BI) Doddy Zulverdi mengungkapkan, bank sentral akan terus melakukan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar. Hal itu dilakukan agar stabilitas dunia usaha tetap terjaga.

"Strateginya menyeimbangkan respon , karena Dolar sedang melemah. Yang kita lakukan bagaimana pergerakan nilai tukar tidak mengejutkan bagi usaha," ujarnya di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10).

Kedua, lanjut Doddy, pihaknya akan melakukan penyesuaian dalam mengintervensi pelemahan Rupiah. Namun, langkah ini dilakukan dengan tetap menjaga ketahanan cadangan devisa dalam negeri.

Terakhir, langkah menaikkan suku bunga juga menjadi bagian BI dalam menjaga stabilitas nilai tukar. Upaya itu dilakukan agar aliran dana asing yang keluar tidak semakin besar. Jika terjadi, hal itu akan membuat Rupiah semakin tak berdaya.

"Karena apa? Karena aliran valas kembali ke AS kita perlu memastikan instrumen keuangan di Indonesia menarik. Sehingga investor yang keluar tidak besar, kalau bisa balik lagi. Makanya kenaikan subung perlu dilakukan," tandasnya.

 

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up