JawaPos Radar

PT Modern Industrial Estat Kembangkan Kawasan Industri Halal di Serang

11/10/2018, 07:54 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
PT Modern Industrial Estat Kembangkan Kawasan Industri Halal di Serang
Maket pengembangan Kawasan Industri berbasis Halal milik PT Modern Industrial Estat di Serang (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Pengembang kawasan industri PT Modern Industrial Estat membangun Modern Halal Valley, sebuah cluster industri halal yang terintegrasi pertama di Indonesia di atas lahan seluas 500 hektare. Berlokasi di ModernCikande Industrial Estate (MCIE) di Cikande, Serang, Banten, cluster ini akan dikembangkan menjadi Halal Intregrated Supply Chain, yang didalamnya mencakup Standard Factory Building, Industrial Land, dan Logistic Park.

”ModernCikande Industrial Estate ingin berpartisipasi membangun ekosistem halal yang lengkap untuk makanan halal dan industri terkait,” ujar Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat dalam keterangannya di Serang, Rabu (11/10).

Kawasan indutri yang dikembangkan anak usaha PT Modernland Realty Tbk ini menyediakan berbagai kebutuhan penunjang bagi ekosistem halal yang lengkap untuk produksi halal yang efisien serta pendistribusian domestik dan ekspor ke pasar internasional.

“Zona industri halal yang kami kembangkan memiliki infrastruktur dan fasilitas yang menunjang manajemen dan distribusi halal, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun pasar internasional," ujar Pascall.

Nantinya, cluster industri halal yang terintegrasi di ModernCikande Industrial Estate akan didukung fasilitas infrastruktur modern yang terintegrasi serta memiliki akses pada jaringan pasar halal global.

Kawasan ini juga akan menyediakan jasa layanan yang membantu dan memberi informasi kepada investor asing terkait semua hal tentang investasi di Indonesia.

Langkah awal yang akan dilakukan oleh Modern Halal Valley adalah pembangunan laboratorium halal yang akan diikuti oleh uji fungsi, set up ruangan, pelatihan, dan pendukung operasional lainnya. Dengan adanya laboratorium halal ini, tentunya akan memudahkan proses sertifikasi halal yang diperlukan, baik industri skala besar, maupun kecil menengah (UKM).

Lebih lanjut, Modern Halal Valley ini ke depannya akan menjadi hub bagi Indonesia sebagai pelaku industri halal dunia, yang berperan sebagai pintu keluar masuk produk-produk halal berskala internasional.

“Kami optimis zona industri halal di ModernCikande Industrial Estate akan diminati karena ModernCikande Industrial Estate memiliki banyak keunggulan yang diperlukan oleh investor dan pelaku industri,” ujar Pascall.

Indonesia adalah negara dengan konsumen terbesar produk makanan halal dunia dengan nilai ekonomi mencapai USD 197 miliar, disusul Turki yang mencapai USD 100 miliar.

Untuk tahap pertama, Modern Halal Valley akan mengembangkan kawasan zona logistik halal internasional yang dibagi dalam beberapa sektor, mulai dari pusat distribusi nasional, kompleks ruang pendingin, dan berbagai sektor lainnya.

Saat ini, dari total lahan 3.175 hektare, luas lahan yang telah dikembangkan di ModernCikande Industrial Estate mencapai 40 persen. Lebih dari 250 perusahaan baik lokal maupun multinasional dari berbagai ragam jenis usaha telah mengembangkan industrinya di sini.

(ask/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up