JawaPos Radar

Komentar Penasehat Hukum Soal Rendra Mengaku Jadi Tersangka

10/10/2018, 22:25 WIB | Editor: Budi Warsito
Komentar Penasehat Hukum Soal Rendra Mengaku Jadi Tersangka
Penasehat hukum Bupati Malang Rendra Kresna, Gunadi Handoko. (Fiska Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Penasehat hukum Bupati Malang, Rendra Kresna, Gunadi Handoko tidak ingin menyebut kliennya tersebut telah gegabah karena menyatakan diri sebagai tersangka dalam kasus yang kini ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pasalnya, apa yang disampaikan Rendra, sesuai dengan apa yang ada di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pada saat penggeledahan di rumah dinas Rendra, Senin (8/10) malam. 

"Bukan (gegabah), Bupati lihatnya dari berita acara (saat) penggeledahan," ujarnya, Rabu (10/10).

Dia menegaskan, yang jelas kliennya tersebut hingga saat ini tidak menerima panggilan sebagai tersangka. "Kalau terkait status, sampai sekarang belum ada panggilan dari KPK sebagai tersangka. Itu yang bisa saya sampaikan," lanjutnya. 

Ketika ditanya mengenai penetapan tersangka yang belum ada legalitasnya, Gunadi enggan memberikan pernyataan. "Tidak tahu, tanyakan pada KPK," kata dia. 


Gunadi menyampaikan, jika perkembangan terakhir yang dia dengar dari KPK, justru Rendra belum ditetapkan sebagai tersangka. "Status pak Rendra belum tersangka. Makanya lebih baik kami menunggu kejelasan status dan legalitas," tegasnya.

Lebih lanjut, Gunadi menjelaskanalasan Rendra menyatakan jika dirinya telah ditetapkan sebagai tersangka karena melihat namanya tertera di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pada saat penggeledahan di rumah dinas Rendra, Senin (8/10) malam. Selain itu, jika melihat di sprindik, Rendra juga disangkakan telah menerima gratifikasi sebesar Rp 600 juta dari rekanan dalam kasus Dana Alokasi Khusus (DAK) 2011.

"Sekarang kan kembali kepada nanti pembuktiannya bagaimana. Saya tidak mau masuk terlalu dalam tentang substansi dari tuduhan KPK itu," terangnya. 

Dia menegaskan, dirinya bersama dua rekannya yang telah ditunjuk sebagai penasehat hukum Rendra akan melakukan pembelaan secara maksimal terkait kasus ini.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up