JawaPos Radar

Amin Rais Minta Kapolri Dipecat, Yusril: Amien Rais Mengada-ada

10/10/2018, 21:10 WIB | Editor: Budi Warsito
Amin Rais Minta Kapolri Dipecat, Yusril: Amien Rais Mengada-ada
Advokat dan Pakar Hukum, Yusril Ihza Mahendra (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais meminta Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mencopot posisi Kapolri, Jenderal Tito Karnavian. Amien melontarkan pernyataan tersebut, usai dipanggil polisi sebagai saksi atas kasus hoaks Ratna Sarumpaet. 

Pakar hukum menganggap, permintaan yang dilontarkan Amien kepada Jokowi itu mengada-ada untuk mengalihkan perhatian. Polisi memanggil seseorang untuk memberikan keterangan sebagai saksi atas sebuah kasus, merupakan hal wajar. 

Advokat dan Pakar Hukum Yusril Ihza Mahendra mengatakan, polisi berhak meminta keterangan kepada siapa saja jika ada kaitan dengan sebuah tindak pidana. Termasuk, tindak pidana yang dilakukan Ratna Sarumpaet. 

Amin Rais Minta Kapolri Dipecat, Yusril: Amien Rais Mengada-ada
Advokat dan Pakar Hukum, Yusril Ihza (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

"Itu (pemanggilan Amin Rais terkait kasusnya Ratna Sarumpaet) adalah hal yang normal. Karena itu Pak Amien tidak perlu risau dengan panggilan itu," kata Yusril di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (10/10). 

Menurut Yusril, polisi telah melakukan tugasnya dengan benar dalam menuntaskan penyidikan. Yakni, dengan memanggil Amien Rais dan beberapa pihak lain, karena dianggap tahu benar soal tindak pidana yang dilakukan Ratna. 

Meski, dirinya tidak dapat menyatakan apakah Amien Rais terlibat pada kasus yang menjerat Ratna atau tidak. Sebab, keterlibatan Amin Rais atas kasus tersebut, bergantung pada fakta hasil pengembangan kasusnya. 

"Saya menghargai kesediaan Amien hadir diperika sebagai saksi. Tapi, tidak perlu dibumbui dengan desakan agar Kapolri Jenderal Tito Karnavian dipecat dari jabatannya," kata Yusril.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up