JawaPos Radar

Bisa Pertanda Prostat, Cek 5 Kondisi Sperma Jika Dilihat dari Warnanya

11/10/2018, 04:55 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
jenis sperma, kualitas sperma, ciri sperma bagus, kesehatan sperma, sperma sehat, sperma subur,
Ilustrasi. Ternyata kualitas sperma bisa dilihat dari warnanya. (Punch Newspapers)
Share this image

JawaPos.com - Sperma yang berkualitas tentu akan mendukung kesuburan seorang pria. Apalagi bagi mereka yang sedang mendambakan momongan. Nah, salah satu cara untuk mengetahui apakah sperma dalam kondisi baik atau tidak, bisa diketahui melalui warnanya.

Ternyata, dilansir dari Boldsky, Selasa (9/10), testis, epididimis, prostat, vesikula seminalis dan kelenjar bulbourethral semuanya terlibat dalam produksi sperma. Cairan viskos kekuningan yang dihasilkan oleh vesikula seminal kaya fruktosa dan zat lain, semuanya membentuk sekitar 70 persen sperma. Sekresi dari prostat berwarna keputihan dan dipengaruhi oleh dihidrotestosteron. Cairan tipis ini mengandung enzim proteolitik bersama dengan lipid, asam sitrat, galaktosa dan asam fosfatase.

Tak hanya untuk mengetahui kadar kesuburan, warna sperma bisa memberikan tanda jika ada yang tak beres dalam alat reproduksi pria. Lalu, bagaimana kondisi sperma jika dilihat berdasarkan warnanya?

Warna Sperma yang Sehat

Warna sperma dari tubuh yang sehat terdiri dari cairan abu-abu keputih-putihan. Saat mengalami ejakulasi, sperma tampak tebal dan kental. Dan bisa encer setelah sekitar 30 menit.

Warna Sperma Kekuningan

Sperma kuning kadang-kadang normal dan tak perlu panik. Warna sperma akan berubah saat pria bertambah tua. Jika Anda belum ejakulasi selama beberapa lama, maka sperma bisa tampak agak kekuningan.

Sperma Berwarna Kecoklatan

Sperma berwarna kecoklatan menunjukkan perdarahan, sebagian besar disebabkan oleh peradangan prostat.

Sperma Berwarna kehijauan

Sperma kehijauan mengisyaratkan infeksi prostat. Cobalah segera konsultasi ke dokter. Perawatan mungkin termasuk resep antibiotik bisa mengobati infeksi. Namun, minum obat atau vitamin pun bisa membuat sperma kehijauan sementara.

Sperma Kemerahan

Bisa jadi menunjukkan adanya darah dalam sperma. Kondisi dalam istilah medis disebut sebagai hematospermia. Meskipun tidak berbahaya dalam sebagian besar kasus, sperma kemerahan dapat mengisyaratkan masalah kesehatan lain yang mungkin terjadu seperti penyakit menular seksual dan masalah terkait prostat. Darah biasanya keluar karena peradangan salah satu tabung, saluran atau kelenjar terkait dengan Mr P.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up