JawaPos Radar

Soal Laporan Indonesianleaks

Eks Pimpinan Organ Cipayung Yakin Kinerja Polisi Tak Terganggu

10/10/2018, 17:34 WIB | Editor: Imam Solehudin
Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Tito disebut-sebut menerima kucuran dana dari pengusaha Basuki Hariman sebagaimana laporan Indonesianleaks (Miftahul Hayat/Jawapos)
Share this image

JawaPos.com - Isu 'buku merah' Indonesialeaks dinilai bagian dari upaya mengganggu kerja-kerja kepolisian. Terlebih, dalam laporan Indonesianleaks tersebut menyebut nama Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Hal itu dikatakan mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam (PP GPII), Karman BM. Karman heran kasus ini kembali diungkit-ungkit.

"Ini (kasus Basuki Hariman) kasus lama. Sudah mendapat kepastian hukum tetap (inkracht)," ujar dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (10/10).

"Isu-isu seperti ini hanya akan menghambat kerja-kerja institusi penegak hukum," lanjut dia.

Selain itu, tambah Karman, Basuki Hariman selaku direktur CV. Sumber Laut Perkasa sudah menegaskan tidak pernah memberikan dana ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Ini sebagaimana penjelasan Dirreskrimsus Polda Metro Jaya.

Karman meminta Polri sebagai institusi penegak hukum tidak perlu terpengaruh dengan isu-isu ini. "Banyak tugas penting yang lebih membutuhkan fokus kerja menjelang pemilu 2019," sebut tokoh muda asal Lombok NTB ini.

Senada, eks Presidium Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Chris Damanik meminta Kapolri dan seluruh jajarannya agar tetap fokus dengan tugasnya.

"Pak Kapolri tidak usah terpengaruh isu-isu itu. kami mendukung supaya beliau tetap fokus kerja. Ini sengaja dihembuskan untuk mendelegitimasi pemerintah. Termasuk yang dituduhkan Amien Rais kepada pak Tito itu hanya isue orang panik karena terlibat masalah," sebut Chris.

Karman mengimbau semua pihak untuk menghargai Tito Karnavian sebagai pribadi dan subjek hukum yang tidak boleh diserang citranya. "Justru kita apresiasi kinerjanya selama ini sangat baik sebagaimana kepercayaan publik kepada Polri semakin meningkat di bawah kepemimpinan beliau," pungkas Chris.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up