JawaPos Radar

Besok, Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Bandung

10/10/2018, 16:45 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Besok, Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Bandung
Suasana Gedung Sate Bandung, Jawa Barat (Siti Fatonah/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Gefisika (BMKG) Bandung membenarkan adanya fenomena siang hari tanpa bayangan. Kabarnya fenomena tersebut akan terjadi di Bandung pada Kamis (11/10) besok sekitar pukul 11.36 WIB.

Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan peristiwa tersebut bukan hal yang asing melainkan rutin terjadi dua kali dalam satu tahun. Diketahui, Kamis menjadi momen hari tanpa bayangan.

"Benar, ini adalah peristiwa yang rutin terjadi, 1 tahun 2 kali, pada Maret dan Oktober di Pulau Jawa," kata Tony, Rabu (10/10).

Menurutnya pekan ini, posisi matahari tegak lurus di wilayah Bandung. Maka secara bertahap, posisi matahari akan bergeser ke Selatan. Kemudian di akhir Oktober wilayah Bandung masuk musim hujan.

Hal itu terjadi karena bumi mengelilingi matahari, sehingga posisi matahari berubah setiap saat dan berulang setiap tahunnya. Walaupun begitu, fenomena tersebut tidak ada dampak ke manusia.

Perlu diperhatikan walaupun tidak akan berdampak, masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kesehatan. Pasalnya saat masa peralihan dari kemarau ke musim hujan, cuaca dalam 1 hari yang mudah berubah, pagi-siang cerah, menjelang sore potensi hujan.

"Saat ini suhu maksimum di Bandung, siang hari mencapai 32 derajad celcius. Masih dalam rentang normal rata-rata di bulan Oktober pada 30 tahun terakhir," jelasnya.

Untuk diketahui, besok (kamis) suhu udara masih relatif sama dengan hari ini. Karena perubahannya tidak mendadak, tetapi secara bertahap.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up