JawaPos Radar

Bayi yang Dijual di Instagram Diasuh Unit PPA Sampai Penyidikan Tuntas

10/10/2018, 16:45 WIB | Editor: Dida Tenola
Bayi yang Dijual di Instagram Diasuh Unit PPA Sampai Penyidikan Tuntas
Kabag Sumda Polrestabes Surabaya AKBP Ony Radjaloa menggendong Az, bayi berusia 11 bulan yang dijual via Instagram. (Aryo Mahendro/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Polrestabes Surabaya menjamin kesehatan AZ, bayi berusia 11 bulan yang dijual melalui Instagram. Saat ini AZ masih dirawat oleh polisi. Nantinya, setelah seluruh proses penyidikan tuntas, AZ bakal diserahkan ke neneknya.

Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan menegaskan, AZ pasti akan dikembalikan kepada keluarganya. Namun pemulangannya harus menunggu penyidikan tuntas. Rudi menjamin keselamatan dan kesehatan AZ. ”Saat ini yang mengasuh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). Nanti pasti kami kembalikan ke keluarganya,” tegas Rudi, Rabu (10/10).

Secara terpisah, Kanit PPA Polrestabes Surabaya AKP Ruth Yeni mengatakan bahwa kondisi AZ sehat. AZ ditempatkan di rumah aman atau safe house. ”Kami pantau terus progresnya. Ada pendampingan gizi agar dia (AZ) tetap sehat,” kata Ruth Yeni kepada JawaPos.com.

Polisi asal Banyuwangi itu melanjutkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemkot. PPA juga terus berkomunikasi dengan Unit Jatanras.

Sejauh ini, AZ tidak pernah rewel. Namun Ruth mengakui bahwa AZ memang perlu adaptasi. Maksudnya, AZ memang terus berhadapan dengan lingkungan baru. ”Ya dari awal kan dia dibawa ke mana-mana. Mulai Surabaya, terus sempat ke Bali, ke Surabaya lagi. Jadi memang ada adaptasi, tapi anaknya baik-baik saja,” ujar mantan Panitreskrim Polsek Wonokromo itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Unit Jatanras Polrestabes Surabaya membongkar praktik perdagangan bayi berkedok jasa adopsi. Bayi-bayi tak berdosa itu dijual melalui akun Instagram @konsultasihatiprivatyang dikelola Alton.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up