JawaPos Radar

Usai The Fed Menaikkan Suku Bunga, AS Masih Punya PR Perbaiki Ekonomi

10/10/2018, 16:38 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Usai The Fed Menaikkan Suku Bunga,  AS Masih Punya PR Perbaiki Ekonomi
The Federal Reserve (The Fed) (Dok. JawaPos.Com)
Share this image

JawaPos.com - The Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga tiga kali pada tahun ini, yang terakhir kenaikan terjadi dari sebelumnya 2-2,25 persen. Usai menaikkan suku bunga, Bank Sentral AS itu masih memiliki pekerjaan rumah dalam mempertahankan perbaikan pertumbuhan ekonominya dalam jangka panjang.

Presiden dan Chief Executive Officer dari Federal Reserve Bank of New York, John Carroll Williams, mengungkapkan, perbaikan ekonomi menjadi penting bagi negaranya. Hal itu dilakukan tanpa membiarkan risiko pertumbuhan merusak kemakmuran ekonomi.

"Perekonomian AS berjalan baik. The Fed secara alami bergerak menuju kebijakan moneter yang lebih normal," ujarnya dalam Central Banking Forum 2018, rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018, di Conrad Hotel, Bali, Rabu (10/10).

Langkah tersebut, kata dia, dinilai akan mendukung kemakmuran AS dan negara lainnya. Saat ini, dia mengungkapkan jika Fed masih melihat potensi kuatnya pertumbuhan ekonomi AS. 

Sejauh ini, The Fed telah mencapai tujuan mandatnya. Hal ini ditunjukkan oleh pekerjaan maksimum dan stabilitas harga. "Dengan stimulus fiskal dan kondisi keuangan yang menguntungkan yang memberikan angin segar bagi perekonomian AS, prospeknya adalah pertumbuhan yang lebih kuat," terangnya.

Sementara itu, The Fed memperkirakan pertumbuhan ekonomi AS sekitar 3 persen pada tahun ini dan 2,5 persen di tahun selanjutnya. 

Dirinya juga memperkirakan tingkat pengangguran akan turun ke sedikit di bawah 3,5 persen tahun depan, level terendah dalam hampir 50 tahun. 

Untuk inflasi, diperkirakan akan naik sedikit di atas 2 persen. Hingga sepanjang tahun berjalan, Williams belum melihat adanya potensi tekanan yang lebih besar terhadap inflasi.

 

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up