JawaPos Radar

KPK Sita Tujuh Berkas di Kantor DTPHP Kabupaten Malang

10/10/2018, 16:16 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
KPK
PERIKSA: KPK melakukan penggeledahan di sejumlah ruang di Kantor DPTPHP Kabupetan Malang, Rabu (10/10). (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang, Jalan Sumedang, Kabupaten Malang, Rabu (10/10). Penggeledahan berlangsung sekitar tiga jam. Petugas dengan rompi bertuliskan KPK di punggungnya kemudian meninggalkan lokasi. Mereka tampak membawa beberapa berkas.

Sektretaris DPTPHP Kabupaten Malang Ajunuddin menjelaskan, ada tujuh berkas yang dibawa KPK. Semuanya merupakan dokumen kegiatan pada 2012 hingga 2017. Yakni pembangunan jalan tengah sawah yang tidak dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum.

Adapun pembangunan sebenarnya berfungsi untuk memudahkan petani mengangkut hasil panen mereka. "Kegiatan fisik tersier saja, kan kami yang kerjakan. Kalau sekunder dan primer dikerjakan Cipta Karya dan pengairan," imbuh Ajunuddin.

Semua dokumen yang dibawa merupakan berkas proyek langsung alias tidak melalui tahapan lelang. Nilai proyeknya antara Rp 75 juta hingga Rp 199 juta.

Ajunuddin menambahkan, dokumen yang dibawa KPK diduga ada keterkaitan dengan Bupati Malang Rendra Kresna. "Terkait dengan dugaan yang dilakukan bupati," cetusnya.

Selama proses penggeledahan berlangsung, tidak ada karyawan yang diizinkan keluar atau masuk ruangan. Semuanya diminta untuk tetap berada di tempat. Sementara itu, semua dokumen di ruangan diperiksa oleh KPK. Komputer pun tak luput dari pemeriksaan. Hanya handphone pegawai saja yang tidak diperiksa.

(tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Bupati Malang Dinilai Ksatria 10/10/2018, 16:16 WIB
Bupati Malang Mengaku Jadi Tersangka 10/10/2018, 16:16 WIB
KPK Geledah Pendopo Kabupaten Malang 10/10/2018, 16:16 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up