JawaPos Radar

Atlet Difabel Tertinggi di Dunia Ini Ikut Ramaikan APG 2018

10/10/2018, 16:10 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Para Games 2018, Morteza Mehrzad Selakjani, Iran, voli
Atlet voli duduk asal Iran Morteza Mehrzad Selakjani ikut bertanding di Asian Para Games 2018 (guinessworldrecords.com)
Share this image

JawaPos.com - Tim voli duduk putra Iran menjadi salah satu kekuatan yang harus diwaspadai di Asian Para Games 2018. Mereka diperkuat oleh atlet paling tinggi di dunia saat ini, Morteza Mehrzad Selakjani.

Morteza bukan hanya punya tubuh yang tinggi menjulang. Tercatat memiliki tinggi badan 246 cm, Morteza juga merupakan peraih medali emas Paralimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Berlaga di Asian Para Games 2018, Morteza yang tahun ini berusia 31 tahun itu juga tercatat menjadi atlet paling tinggi yang pernah berkompetisi di Asian Para Games. Bersama para koleganya, Morteza harus bersaing dengan delapan negara lain untuk memperebutkan medali emas Asian Para Games 2018.

Mengenai ukuran tubuhnya, Morteza diketahui menderita kelainan acromegaly, yakni sebuah kondisi di mana hormon tubuh dalam dirinya terus berkembang meskipun sudah melewati batas usia pertumbuhan.

Morteza menjadi penyandang disabilitas setelah mengalami kecelakaan sepeda di usia 15 tahun. Kaki kanannya terluka parah karena kejadian itu.

Rupanya, kecelakaan tersebut juga membuat kaki kanannya berhenti bertumbuh. Alhasil, Morteza terpaksa harus melanjutkan hidupnya di atas kursi roda karena sudah tidak bisa berjalan dengan normal lagi.

Selain tercatat sebagai atlet difabel tertinggi di dunia, Morteza juga diketahui merupakan manusia tertinggi kedua di dunia yang saat ini masih hidup. Tubuh Morteza lebih pendek 5 cm dari pria asal Turki Sultan Kosen yang memiliki tinggi tubuh 251 cm.

(kar/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up