JawaPos Radar

Aksi Dukung Amien Rais, Dari Bersalawat Hingga Nyanyi Lagu Gugur Bunga

10/10/2018, 15:39 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Aksi Dukung Amien Rais, Dari Bersalawat Hingga Nyanyi Lagu Gugur Bunga
Massa pendukung Amien Rais menggelar aksi unjuk rasa di Mapolda Metro Jaya, Rabu (10/10). (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Puluhan pendukung Amien Rais menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolda Metro Jaya. Aksi digelar karena mereka menilai, pemeriksaan mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebagai saksi kasus tersangka Ratna Sarumpaet tersebut sebagai tindakan kriminalisasi tokoh.

Selain berorasi menyuarakan kondisi bangsa di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla, massa yang tergabung dalam Persaudaraan Alumni (PA) 212 melantunkan salawat hingga menyanyikan lagu Gugur Bunga.

Sebelum menyampaikan unjuk rasa, salah seorang orator dari Kokam Pemuda Muhammadiyah Anto memimpin menyanyikan lagu Gugur Bunga. Menurutnya, lagu Gugur Bunga itu dimaksudkan untuk mengingatkan jasa perjuangan pahlawan yang gugur, sementara Amien Rais merupakan salah satunya.

"Lagu Gugur Bunga tadi, kita persembahkan untuk para pahlawan kita. Kakek dan ayah kita sudah berjuang tidak dengan modal dengkul. Tapi dengan kerja keras," serunya.

Untuk diketahui, lagu Gugur Bunga dibuat untuk menghormati tentara Indonesia yang tewas selama revolusi nasional. Lagu ini menceritakan tentang kematian seorang prajurit dan perasaan penyanyi.

Sementara itu, Ketua Umum PA 212 Slamet Ma'arif menegaskan, pemanggilan Amien Rais sebagai saksi atas kasus berita bohong yang dibuat Ratna Sarumpaet. Menurutnya, pemanggilan oleh tim penyidik Ditkrimum Polda Metro penuh kejanggalan dan ada indikasi kuat mengarah kepada kriminalisasi tokoh.

Slamet pun menegaskan aksi unjuk rasa oleh PA 212 tersebut merupakan pengawalan atas sosok guru bangsa, tokoh reformasi, sekaligus dewan penasehat PA 212.

"Saya melihat ada kejanggalan pemeriksaan ini ada upaya untuk mengkriminalisasi tokoh umat dan guru bangsa seperti Amien Rais, maka dari itu kami setia mengawal beliau," kata dia.

Seperti diketahui Amien Rais menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Mapolda Metro Jaya, Rabu (10/10). Dia tiba sekitar pukul 10.15 WIB dan hingga kini pemeriksaan masih berlangsung.

(ce1/wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up