JawaPos Radar

BP Batam Gagas Pusat Distribusi Logistik Kelas Internasional

10/10/2018, 15:35 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Teguh Juwarno
Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno (kiri) dan Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo di Gedung BP Batam, Batam Centre, Rabu (10/10). (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Badan Pengusahaan (BP) Batam sudah menyusun rencana pembangunan. Di antaranya menjadikan Batam sebagai pusat distribusi logistik bertaraf internasional. Kemudian Menjadikan Batam sebagai pusat perawatan dan penyedia peralatan pesawat terbesar. Rencana itu diharapkan terwujud dalam 10 hingga 25 tahun mendatang.

Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno mengapresiasi gagasan BP Batam tersebut. Menurutnya, impian BP Batam sangat mungkin terwujud dengan dukungan pemerintah. Sebab terwujudnya cita-cita itu akan memberikan sumbangan signifikan dalam pembangunan ekonomi di Batam.

Saat ini, Komisi VI terus mendorong agar pembangunan infrastruktur di kawasan industri. Termasuk usulan yang diajukan BP Batam. "Seluruh usulan anggaran BP Batam akan kami upayakan dipenuhi. Terkait penambahan anggaran sekitar Rp 225 miliar untuk infrastruktur bandara, sekarang lagi dibicarakan," kata Teguh seusai pertemuan di Gedung BP Batam, Batam Centre, Rabu (10/10).

Terkait rencana pembangunan pusat distribusi logistik, Teguh mengatakan bahwa Batam memiliki keunggulan dengan dekatnya jarak Bandara Internasional Hang Nadim Batam dengan Pelabuhan Internasional Telaga Punggur di Kecamatan Nongsa, Batam. Dengan dekatnya jarak tersebut tentu akan menimbulkan efisiensi penyaluran barang.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menjelaskan, dukungan Komisi VI sangat dirasakan dalam membantu merumuskan kerangka kebijakan. Khususnya berkaitan dengan tarif dan aturan dalam pengembangan kawasan industri.

Melalui sinkronisasi kebijakan, usulan yang diajukan menjadi lebih terarah. "Dukungan Komisi VI luar biasa. Baik kebijakan anggaran maupun kerangka kebijakan," papar Lukita.

Saat ini upaya mewujudkan impian BP sudah mulai terlihat. Salah satunya melalui program prioritas BP Batam yang memfokuskan pengembangan kawasan bandara dan pelabuhan.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up