JawaPos Radar

Pendaftar CPNS Pemprov Jabar Membludak

10/10/2018, 13:04 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Pendaftar CPNS Pemprov Jabar Membludak
Pelamar CPNS Jabar sudah melebihi kuota dari Kemen PAN-RB. (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat membludak. Hingga saat ini tercatat jumlah pendaftar sudah mencapai lebih dari 17 ribu. Padahal kuota yang diberikan oleh Kementerian PAN-RB hanya sebanyak 13.029 formasi. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar Iwa Karniwa mengatakan masyarakat cukup tertarik untuk menjadi CPNS di Pemprov Jabar. Itu terbukti dari membludaknya jumlah pelamar yang masuk.

"Total sudah ada lebih dari 17 ribu pelamar yang memasukan berkas, ini membuktikan cukup diminati," kata Iwa di Gedung Sate Bandung, Rabu (10/10).

Para pelamar akan menjalani seleksi tahap awal. Kemudian diseleksi menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Sistem ini dinilai paling transparan dan akuntabel. "Seluruh peserta pada saat itu langsung tahu hasilnya, artinya pada saat dia tes satu jam bahkan langsung (tahu) lulus atau tidaknya," kata Iwa.

Dengan cara demikian, pihaknya optimis bisa mendapatkan calon PNS sesuai yang diharapkan dan diformasikan. Dari jumlah kuota 13.029 peserta, khusus untuk lingkungan Pemprov Jabar hanya sebanyak 1.085 orang.

Sementara sisanya merupakan penempatan untuk CPNS di kabupaten kota yakni 11.944. Jumlah tersebut di luar Kabupaten Kuningan dan Cianjur yang tidak mendapatkan formasi.

"Untuk Jabar dari 1.085 ini dibagi lagi yakni tenaga guru SMP, SMA, SMK, SLB itu sebanyak 925 formasi, 90 formasi untuk tenaga kesehatan atau medis, 69 formasi teknis dan satu eks tenaga honorer," rincinya.

Untuk diketahui, pendaftarannya melalui portal BKN akan ditutup pada 10 Oktober 2018. Namun diperpanjang hingga Senin, 15 Oktober 2018.

"Jadi rencananya ditutup hari ini, lalu diperpanjang untuk seluas luasnya masyarakat Jabar mendaftar. Tapi perpanjangan ini bukan Jabar saja tapi juga nasional," ungkapnya.

Oleh karena itu, beberapa pertimbangan tes seleksi CPNS tertulis akan terbagi lima titik dan menggunakan sistem CAT yakni di kampus Telkom Universiy Kabupaten Bandung, Sport Jabar Kota Bandung, komplek Pemda Tegal Beriman Kabupaten Bogor, Gedung Serbaguna kabupaten Tasikmalaya dan hotel Cirebon.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up