JawaPos Radar

Ban Pesawat Pecah, Penumpang Sriwijaya Diturunkan di Runway

10/10/2018, 12:01 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
ban pesawat pecah, pesawat sriwijaya pecah, sriwijaya pontianak pecah
Petugas bandara mengevakuasi pesawat Sriwijaya yang bannya pecah di Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya, Selasa (9/10). (Warga for Rakyat Kalbar/JPG)
Share this image

JawaPos.com - Ban pesawat Sriwijaya SJ 186 pecah setelah mendarat di runway Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya, Selasa (9/10) siang. Pesawat jenis boing 737-800NG itu tiba dari Jakarta. "Ban yang pecah bagian belakang sebelah kanan. Ban pecah saat pesawat sudah mendarat," kata District Manajer Sriwijaya Kalbar, Hermawan kepada sejumlah wartawan sebagaimana diberitakan Rakyat Kalbar (Jawa Pos Grop), Rabu (10/10).

Dia memastikan, ban pecah bukan saat proses landing. Tapi saat pesawat dalam perjalanan masuk dari runway ke apron. Bahkan posisi pesawat sudah masuk ke area parkir pesawat (apron). Belum sampai ke garbarata. Penumpang yang sempat tertahan dalam pesawat kemudian diturunkan. "Pesawat tidak bisa lagi dipaksakan untuk jalan (menuju garbarata). Jadi penumpang dijemput menggunakan bus bandara," jelasnya.

Sementara itu, GM Angkasa Pura II Bandara Internasional Supadio Pontianak Jon Mukhtar Rita menyatakan, insiden pecahnya ban pesawat Sriwijaya tidak menyebabkan korban, baik dari penumpang maupun crew maskapai tersebut. "Dampak kejadian tersebut hanya menyebabkan penundaan, baik keberangkatan dan kedatangan sejumlah penerbangan selama sekitar satu jam dan kini sudah kembali normal," katanya.

Ia menyebutkan, dua pesawat yang RTB atau kembali ke Jakarta (Batik Air) dan Batam (Lion Air). Sedangkan holding atau penundaan keberangkatan ada tiga pesawat. Untuk kerugian biaya, lanjut dia, masih belum dapat disimpulkan. Kalau pun ada, tidak signifikan. Karena tidak ada kerusakan. Hanya ada baret alau lecet bekas gesekan ban di runway.

Pihak AP akan melihat perkembangan tindak lanjut dari regulator. Termasuk menunggu penjelasan dari pihak Sriwijaya. “Nanti maskapai secara terpisah juga akan menjelaskan mengenai kondisi kejadian,” pungkasnya.

(fab/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up