JawaPos Radar

Rombak Yamaha Scorpio Jadi Motor Balap Jadul

10/10/2018, 11:40 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Rombak Yamaha Scorpio Jadi Motor Balap Jadul
Modifikasi motor Yamaha Scorpio menjadi motor balap jadul (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Memodifikasi motor kerap membuat model aslinya tak dapat dikenali lagi. Misalnya motor Yamaha Scorpio 225cc milik Deca Masuri yang sudah tampil menawan ala motor balap jadul model Bortrek.

Deca membagikan tips merombak motor berkelir putihnya kepada JawaPos.com di pelatan ICE, BSD, Tangerang beberapa waktu lalu. Sebenarnya ia telah lama menyukai motor, dengan posisi riding membungkuk ala motor racing.

Agar tidak terjebak tren masa kini seperti cafe racer atau Bobber, ia memilih memodifikasi motornya bergaya bortrek yang terlihat lebih klasik, ramping dan punya posisi riding menunduk. Motor bortrek merupakan motor balap zaman dulu yang digunakan untuk membabat lintasan balap melingkar dari papan.

Rombak Yamaha Scorpio Jadi Motor Balap Jadul
Motor balap jadul kombinasi aliran bobber dan bortrek. (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)

“Kalau konsepnya saya tiru Yamaha XS 650 itu bobber yang saya kolaborasiin dengan model bortrek yang memiliki ban tipis, badan ramping dan stang pendek. Jadi agak nunduk kalau bawa motornya,” kata Deca berbagi.

Perubahan motor Scorpio ini dimulai dari pencopotan semua bagian. Hanya sasis dan engine mounting depan yang masih orisinil.Sementara bagian belakangnya full custom. Modelnya menjadi Hardtrail rigid. Jadi tanpa supensi karena hanya mengandalkan spring jok pada singel seat motor.

Bagian tangki diganti dengan model custom menggunakan bahan plat galfanis 1,2 mili. Sementara kotak kelistrikan dan aki semuanya di hand made sehingga memiliki ciri khas sendiri.

Pada bagian lainnya tak ada perubahan signifikan. Hanya saja ada penambahan sejumlah aksesoris seperti kaca spion, sein depan dan belakang, klakson dan piranti standar lainnya sehingga motor berfungsi seperti motor standar karena motor ini dipakai juga untuk harian.

Pada bagian kaki-kaki, Scorpio bortrek ini menggunakan pelek ban depan dan belakang DID ring 21 dibalut ban Swalow sprinter ukuran 21/300 untuk bagian depan dan belakang.

Motor ini telah dikerjakan kurang lebih 7 bulan dan telah menghabiskan budget kurang lebih Rp 15 jutaan. Banyak repair telah dilakukan diberbagai bengkel tempat temannya dan akhirnya dirapikan di bengkel Gas Custom yang saat ini menjadi tempat kerja Deca.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up