JawaPos Radar

Minyak Dunia Tembus USD 75 Per Barel, Harga Pertamax Cs Naik

10/10/2018, 10:40 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Minyak Dunia Tembus USD 75 Per Barel, Harga Pertamax Cs Naik
Harga Pertamax Cs naik (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – PT Pertamina (Persero) kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU, khususnya Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non PSO mulai Rabu (10/9) dan berlaku di seluruh Indonesia pukul 11.00 WIB.

Sementara untuk harga BBM jenis Premium, Biosolar PSO dan Pertalite tidak naik. Adapun, khusus untuk daerah yang terkena bencana alam di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah, sementara ini harga tidak naik.

Penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik. Saat ini, harga minyak dunia rata-rata menembus USD 75 per barel.

Atas ketentuan tersebut, maka Pertamina menetapkan penyesuaian harga. Sebagai contoh di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, harga Pertamax Rp 10.400 per liter, Pertamax Turbo Rp 12.250 per liter, Pertamina Dex Rp 11.850 per liter, Dexlite Rp 10.500 per liter, dan Biosolar Non PSO Rp 9.800 per liter.

Kenaikan harga BBM non subsidi ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya pada awal Juli lalu, Pertamina telah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), khususnya Pertamax Series dan Dex Series. Kenaikan harga Pertamax ini berlaku di SPBU seluruh Indonesia.

"Bahan baku BBM adalah minyak mentah, tentunya ketika harga minyak dunia naik akan diikuti dengan kenakan harga BBM," ungkap Adiatma Sardjito Vice President Corporate Communication Pertamina dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (20/6).

Adiatma mengatakan saat ini harga minyak dunia sudah mencapai USD 75 per barel. Penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex tersebut, dilakukan Pertamina sebagai badan usaha, dengan mengacu pada Permen ESDM Nomor 34 tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up