JawaPos Radar

Sedekah Bumi dan Wayang Kulit, Cara Bersyukur Petani Atas Panennya

10/10/2018, 09:07 WIB | Editor: Ilham Safutra
Sedekah Bumi dan Wayang Kulit, Cara Bersyukur Petani Atas Panennya
Ilustrasi sedekah bumi: warga Bojonegoro menggelar sedekah bumi sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panennya. (MUHAMMAD HADIYAN/RADAR PEKALONGAN/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Indonesia kaya dengan kearifan lokal yang beragam. Kearifan ini menjadi nilai-nilai luhur yang patut dilestarikan.

Di Bojonegoro, petani setempat memiliki tradisi sedekah bumi. Kesenian tersebut tersebut bentuk dari tradisi dari petani setempat untuk bersyukur atas masa panennya. Selasa malam (9/10), warga Desa Balen, Kecamatan Balen, Bojonegoro menggelar agar sedekah bumi dan wayang kulit.

Thobahul Aftoni, salah satu tokoh masyarakat Bojonegoro menuturkan, sedekah bumi dan wayang kulit adalah tradisi bersyukur yang patut dilestarikan. Di gelaran itu masyarakat pun dapat mempererat tali persaudaraan.

"Ini tentu saja sebagai rasa syukur atas nikmat hasil bumi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan warga Bojonegoro dan sekitarnya," kata Thobahul Aftoni dalam keterangan persnya, Rabu (10/10).

Sedekah bumi itu berlangsung hingga larut malam dan memasuki Rabu dini hari (10/10). Para peserta membaca tahlil doa bersama untuk para leluhur serta doa mengharap agar hasil bumi bisa menjadi berkah. Setelahnya, melestarikan tradisi kesenian Jawa, masyarakat dihibur dengan pertunjukan wayang kulit.

Menurut pria yang juga caleg PPP dapil Jatim IX (Bojonegoro-Tuban) itu, Bojonegoro merupakan daerah agraris yang menghasilkan berbagai hasil pertanian dan perkebunan setiap tahunnya. Selain dikenal sebagai penghasil beras, daerah itu juga penghasil jambu merah dan belimbing. Selama ini komoditas itu telah meningkatkan penghasilan masyarakat.

"Bojonegoro juga dikenal sebagai wilayah religius. Warganya selalu mensyukuri nikmat Tuhan, salah satunya dengan menggelar sedekah bumi ini," katanya. Untuk itu, Sedekah bumi perlu terus dilakukan karena bisa menjaga kekeluargaan dan kekompakan warga.

(iil/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up