JawaPos Radar

Penerbangan dari Bandara Husein bakal Dialihkan ke BIJB

10/10/2018, 09:55 WIB | Editor: Imam Solehudin
Bandara Kertajati
Ilustrasi Bandara. Pemerintah masih menunggu rampungnya sejumlah infrastruktur jalan ke BIJB Majalengka, Jawa Barat. Salah satulnya Tol Cisumdawu (Dok.JawaPos)
Share this image

JawaPos.com - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) akan mengalihkan penerbangan komersial dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Pengalihan dilakukan secara bertahap.

Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra menegaskan, Bandra Husein saat ini sudah mencapai batas kapasitas maksimum untuk penerbangan komersial.

"Kendala (pengalihan penerbangan ke BIJB) karena koneksi dari Bandung menuju Kertajati belum selesai. Salah satunya Tol Cisumdawu (Cileunyi Sumedang Dawuan). Orang harus mutar dulu dari Bandung lewat Tol Cipularang terus ke Cipali selama 2,5 jam makanya Bandara Husein masih tetap memberikan layanan," ucapnya, saat ditemui di Gedung Sate, Selasa (9/10) sebagaimana dilansir RMOL Jabar (Jawa Pos Grup).

Dia menambahkan, bila infrastruktur jalan menuju Bandara Kertajati sudah tersedia semuanya, seperti Tol Cisumdawu, pengalihan penerbangan komersial dari Bandara Husein ke Kertajati bisa dipercepat.

"Tapi kalau nanti sudah setengah jam perjalanan ke Kertajati mungkin bisa, dan Husein saat ini kapasitasnya sudah maksimum," jelasnya.

Meski begitu, dirinya belum bisa memastikan apakah seluruh penerbangan dari Husein Sastranegara akan dipindahkan ke BIJB atau tidak. Sebab, yang punya kewenangan adalah Kementerian Perhubungan.

Akan tetapi, pihaknya sudah diintruksikan Kementerian Perhubungan untuk mengalihkan penerbangan dari Bandara Husein secara bertahap.

"Sekarang sudah diinstruksikan, sudah di berikan arahan oleh Kementerian Perhubungan untuk ada pergeseran beberapa rute dari Bandung ke Kertajati," pungkasnya.

(mam/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up