JawaPos Radar

Penuhi Kebutuhan, Penguin Gelar Donor Darah Gandeng PMI

09/10/2018, 22:57 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Penuhi Kebutuhan, Penguin Gelar Donor Darah Gandeng PMI
PMI gelar donor darah di Penguin Indonesia di Jakarta, Selasa (9/10) (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Untuk memenuhi kebutuhan darah nasional, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Penguin Indonesia menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan sosial tersebut berlangsung di Kantor Pusat Penguin Indonesia di Jalan Kapuk Kamal Muara, Jakarta, Selasa (9/10).

Head of Marketing Communications and Customer Care PT Penguin Indonesia Andi Hermawan mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Salah satunya dengan membantu kebutuhan darah di Jakarta dan tempat lain yang membutuhkan.

"Sebab, setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain," kata Andi melalui keterangan tertulis.

Menurutnya, kegiatan donor darah dilakukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan stok darah secara nasional. Aksi nyata sumbangsih dari karyawan dan manajemen Penguin Indonesia kepada bangsa Indonesia.

Dengan donor darah, diharapkan muncul kesadaran pentingnya sikap tolong menolong. "Kegiatan sosial donor darah merupakan salah satu Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diselenggarakan Penguin Indonesia," ujarnya.

Setiap tahun, PMI menargetkan hingga 4,5 juta kantong darah sesuai dengan kebutuhan darah nasional, disesuaikan dengan standar Lembaga Kesehatan Internasional (WHO) yaitu 2 persen dari jumlah penduduk untuk setiap harinya.  

Selain bisa mendonorkan darah melalui 211 Unit Donor Darah (UDD) di 210 kabupaten dan kota se-Indonesia, PMI juga menyediakan kemudahan lainnya.

Sejak pertengahan Juni 2010, PMI telah membuat Gerai Donor Darah dengan harapan akan memudahkan masyarakat untuk mendonorkan darahnya di tempat-tempat publik dan pusat-pusat keramaian di tengah kota, yaitu Mal dan Kampus.

PMI juga menggandeng para mitra kerjanya untuk membantu menyediakan mobil donor darah ini yang akan disebar di UDD PMI di 34 provinsi.

Dengan adanya mobil donor darah ini, akan tercapai penyediaan darah rutin dan mencukupi kebutuhan sampai dengan 4 hari di seluruh Indonesia.

(yuz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up