JawaPos Radar

Tak Ada Betonisasi, Anies Klaim Naturalisasi Sungai Jalan Terus

09/10/2018, 22:47 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Tak Ada Betonisasi, Anies Klaim Naturalisasi Sungai Jalan Terus
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan klaim naturalisasi sungai untuk antisipasi banjir jalan terus (Reyn Gloria/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dalam mengantisipasi banjir, Pemprov DKI Jakarta kian masif melakukan naturalisasi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun telah menyediakan 192 alat berat untuk pengerukan di sungai-sungai di Jakarta.

Anies mengatakan hal tersebut sebagai ypaya mengendalikan banjir di beberapa titik genangan. Sebelumnya, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyatakan upaya pembenahan infrastruktur dan pengerukan 14 waduk telah dilakukan.

"Semua melakukan kegiatan pengerukan, perbaikan sarana prasarana. Kalau yang dicari betonisasi, anda tidak ketemu. Tapi kalau yang dicek adalah pengerukan, dan perbaikan sarana, itu yang jalan terus," tutur Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (9/10).

Selain pengerukan, Anies menyatakan telah melakukan perbaikan sarana terkait perairan di Jakarta. Anies menjelaskan naturalisasi menjadi andalan untuk pengembalian ekosistem sungai dan waduk agar kembali ke asalnya.

"Betonisasi itu lain, karena yang kami lakukan adalah naturalisasi, membuat ekosistem sungai, tapi pengerukan jalan terus. Kanan kirinya ditumbuhkan sebagai ekosistem yang natural karena itu anda tidak temukan betonisasi," terang Anies.

Menurutnya, salah satu upaya yang telah dilakukan pada sungai Ciliwung di Kampung Melayu. Anies menjelaskan penanganan Ciliwung tidak lagi dipegang Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) tetapi telah diambil Dinas SDA DKI Jakarta.

"SDA itu take over pengerukan dari jembatan sampai ke Tongtek panjangnya 1,9 kilometer, yang mengerjakan SDA. Artinya kami kerja terus, mudah-mudahan bisa selesai dalam waktu akhir tahun ini," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up