JawaPos Radar

IBK dan ChildFund Salurkan Rp 4 Miliar untuk Korban Bencana Sulteng

09/10/2018, 21:42 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Gempa sulawesi tengah, gempa palu, galang dana korban sulteng
Kondisi Kota Palu setelah dilanda gempa dan tsunami. (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) mengetuk hati berbagai kalangan. Tak terkecuali dari Industrial Bank of Korea (IBK) bersama ChildFund. Mereka memberikan bantuan sebesar Rp 4 miliar untuk para korban bencana Sulteng melalui Nahdlatul Ulama (NU) Peduli.

Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Ali Yusuf mengungkapkan, dana bantuan tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun Pondok Ramah Anak atau Child Center Space (CSS). Tempat ini nantinya menyediakan sejumlah kegiatan seperti rekreasi hingga bantuan psychosocial untuk anak yang mengalami trauma setelah terjadi bencana alam tersebut.

"Jadi pondok anak ini nantinya juga akan dilengkapi dengan penyediaan air bersih serta toilet untuk kebutuhan anak dan keluarga," ungkapnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/10).

bantuan bencana sulawesi tengah, gempa sulawesi tengah
Senior Clerk Kantor Perwakilan Industrial Bank of Korea (IBK) Jakarta, Dhania Tri Aprillia menunjukan secara simbolis bantuan untuk korban bencana Sulteng. (Istimewa)

Ali juga memastikan bahwa pihaknya akan memberi bantuan berupa 1.000 terpal dan 5.000 perlengkapan keluarga untuk didistribusikan ke Kota Palu. Menurutnya, NU Peduli adalah bagian dari NU yang sudah tersebar di 34 provinsi dan 566 kabupaten di seluruh Indonesia. Karenanya NU Peduli ikut bertanggungjawab melakukan respons tanggap darurat di Sulteng.

"Melalui bantuan dari ChildFund dan IBK, NU Peduli rencananya akan melakukan tanggap darurat selama 6 bulan. Kegiatan ini akan difokuskan di 3 Kecamatan, yaitu Palu Barat, Ulujadi, dan Tanganga," katanya.

Sementara itu, Country Director ChildFund Indonesia Bridgette Thorold menuturkan, seluruh korban bencana alam di Kota Palu, Sulteng saat ini membutuhkan bantuan dan kebutuhan mendesak seperti makanan, minuman, dan obat-obatan untuk keberlangsungan hidup. "Kami ChildFund dan IBK akan mendukung NU Peduli dalam mengadakan bantuan tanggap darurat ini," tuturnya.

(fab/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up