JawaPos Radar

Liga 1 2018

Bonek Diimbau Jangan Meniru Aremania

09/10/2018, 18:39 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Bonek, Persebaya Surabaya, Alfonsius Kelvan, Aremania
Bonek diharapkan tidak meniru aksi Aremania di Kanjuruhan pada Sabtu (6/10) lalu (Angger Bondan/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com – Kiper Persebaya Surabaya, Alfonsius Kelvan memiliki harapan besar kepada Bonek. Pendukung setia Persebaya ini diharapkan tidak meniru Aremania yang melakukan sejumlah aksi tak terpuji di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (6/10) kemarin.

Alfon - sapaan akrabnya, adalah pemain yang secara langsung berhadapan dengan dua Aremania. Satu di antaranya adalah dirigen Yuli Sumpil. Bahkan sempat terjadi adu fisik antara Alfon dengan rekan Yuli Sumpil.

Berkaca pada pengalaman buruk yang dialaminya di kandang Arema FC, Alfon berharap banyak agar Bonek tidak melakukan hal serupa. "Jangan ditiru yang seperti itu. Mari tunjukan bahwa kita lebih beradab, kita lebih maju, kita lebih punya pikiran yang positif," ujar penjaga gawang berkepala plontos itu kepada awak media.

Bonek, Persebaya Surabaya, Alfonsius Kelvan, Aremania
Bonek harus lebih baik dalam memberikan dukungan (Galih Cokro/Jawa Pos)

"Saya mengajak Bonek untuk setop dan jangan membalas. Tidak perlu digubris, biarin saja mereka mau ngatain saya atau apa. Kita enjoy saja, tenang. Tunjukkan bahwa kita lebih beradab," tegas Alfon.

Menariknya, Alfon mengajak Bonek untuk tidak membalas perlakuan Aremania ketika Arema FC bertandang ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) musim depan. "Bila perlu pemain yang masuk ke lapangan kita beri bunga," katanya.

Menurutnya, rivalitas memang hal lumrah dalam sepak bola. Akan tetapi, Bonek harus menjaga tren positif sejak Liga 2 2017 lalu. Akan sangat disayangkan jika citra positif Bonek tercoreng hanya karena ingin meladeni provokasi Aremania.

"Biarkan saja mereka mau rasis. Kita harus tunjukkan bahwa Bonek sudah berubah. Tidak perlu dibalas. Kita lebih di kota," tutup Alfon.

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up