JawaPos Radar

800 Mahasiswa Korban Gempa Sulteng Mendaftar ke Unhas

09/10/2018, 18:16 WIB | Editor: Dida Tenola
800 Mahasiswa Korban Gempa Sulteng Mendaftar ke Unhas
Posko pendataan mahasiswa korban gempa di Unhas, Makassar. (Sahrul Ramadan/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Ratusan mahasiswa asal Universitas Tadulako (Untad), Palu bakal melanjutkan perkuliahan sementara di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Mereka merupakan korban  gempa 7,4 SR yang menguncang Sulteng beberapa waktu lalu.

Sejak pendaftaran dibuka Rabu lalu (3/10), Unhas mulai mendata kelengkapan administrasi para mahasiswa pindahan itu. Sejauh ini sebanyak 800 mahasiswa korban bencana sudah terdata.

Unhas memastikan, mahasiswa yang menjadi korban akan ditampung untuk melanjutkan perkuliahan. "Umumnya mahasiswa asal Tadulako mendaftar di posko pendataan calon mahasiswa melalui program sit in di Unhas," terang Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah, Selasa (9/10).

Mahasiswa yang mendaftar di posko-posko pendaftaran di Unhas, bisa melampirkan berkas adiminstrasi diri seperti KTP, KTM, dan identitas lainnya.

Namun apabila berkas persyaratan tersebut tidak bisa dilengkapi, Unhas bisa melacak jejak digital para mahasiswa. Tujuannya memudahkan para pendaftar lanjutan. Bisa jadi identitas mereka hilang setelah bencana gempa dan tsunami. "Program sit in ini dibuka berdasarkan kesepakatan majelis rektor setanah air dan forum rektor se Indonesia. Ini dilakukan untuk membantu para mahasiswa Tadulako dan mahasiswa korban bencana lainnya agar tetap melanjutkan perkuliahan," lanjutnya. 

Proses pendaftaran rencananya akan berakhir pada Jumat mendatang (12/10). Mahasiswa yang mendaftar diprediksi akan terus bertambah.

Agus Salim, salah seorang mahasiswa asal Untad mengatakan, dirinya memilih berkuliah di Unhas karena secara geografis dekat dengan Palu. "Di Untad saya ambil jurusan teknik. Mudah-mudahan kuliahnya bisa selesai tahun ini,” ungkap mahasiswa semester 7 tersebut. 

 

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up